Zambia Jaga Ketat Temuan Batu Zamrud

JagatBisnis.com – Batu permata Zamrud ditemukan di Zambia memiliki berat 7.525 karat atau 1.505 kilogram (kg).Penemunan itu langsung tercatat di Guinness World Records dan menjadi batu Zamrud terbesar di dunia. Tak mau jadi sengketa seperti temuan batu giok di Aceh, aparat setempat langsung bergerak cepat untuk mengamankannya.

Seperti dilansir dari Hindustan Times Selasa (8/11/2022), batu tersebut pertama kali ditemukan oleh dua ahli geologi, Manas Banerjee dan Richard Kapeta beserta timnya pada Juli 2021 di tambang Kagem yang terletak di Kawasan Copperbelt, Zambia. Kagem adalah tambang zamrud yang dimiliki oleh Gemfields dalam kemitraan dengan Perusahaan Pengembangan Industri pemerintah Zambia.

Permata raksasa itu bernama Chipembele. Artinya, ‘badak’ dalam dialek penduduk asli Bemba, Zambia. Menurut Guinness World Records, Chipembele terbentuk dalam kondisi yang hampir sempurna. Namun, di halaman Facebook yang juga membagikan tentang batu tersebut, banyak pengguna yang mengatakan batu tersebut mirip dengan kryptonite, yaitu batu hijau yang digunakan untuk melawan Superman dalam film tentang superhero tersebut. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO