Mulai November, Mahasiswa Jakarta Wajib Tes Urine

JagatBisnis.comPolda Metro Jaya menggelar program tes urine rutin kepada mahasiswa selama sebulan sekali di sejumlah universitas yang berada di DKI Jakarta. Rencananya, tes urine ini mulai dilakukan awal November mendatang.

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Muti Juharso mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan program tes urine ke kampus-kampus. Upaya ini dalam rangka memerangi narkoba khususnya di lingkungan anak muda. Tes urine dilakukan karena data pengguna narkotika dari tahun 2019 ke tahun 2021 itu meningkat, dari 1,8 persen ke 1,95 persen,

”Program tersebut berawal dari kekhawatiran karena meningkatnya data pengguna narkotika saat ini. Maka, tes urine di kampus-kampus sudah masuk program kita. Insyaallah bulan depan kita lakukan kegiatan itu,” kata Mukti Juharsa, Minggu(23/10/2022).

Sementara Plt Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Prof. Nizam mengungkapkap, pihaknya sangat menyambut positif terkait adanya program tersebut.

“Tentu kita mendukung setiap upaya untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya penyalahgunaan narkoba,” ujar Nizam saat dikonfirmasi wartawan.

Nizam menambahkan, meski belum ada komunikasi dengan pihak kemendikbudrsitek, pihaknya tetap menyambut positif gerakan yang dilakukan aparat kepolisian. ”Tetapi, kita sambut positif meski belum ada pembicaraan dengan pihak terkait,” pungkasnya. (*/eva)