Soal Anies Jadi Capres NasDem, Puan: Ini Proses Demokrasi

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani

JagatBisnis.com –  Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, menanggapi santai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang telah dikukuhkan sebagai capres NasDem. Puan mengatakan, setiap parpol memiliki mekanisme sendiri dalam menentukan capres yang diusung.

“Kalau dari kami PDIP setiap parpol punya mekanisme dan tata cara memutuskan memilih kemudian mengumumkan satu calon atau seseorang yang ingin dicalonkan atau bacalon dan sebagainya,” kata Puan di Monas, Jakarta Pusat, usai bertemu Ketum Golkar, Airlangga Hartarto, Sabtu (7/10).

Ia menuturkan, penunjukan Anies sebagai capres NasDem merupakan bagian dari demokrasi. Puan nenuturkan PDIP memiliki momen sendiri untuk mendeklarasikan capres.

Baca Juga :   Ramai Mainan Hot Wheels Formula E Bergambar Anies, Panitia: Itu Hoaks

“Jadi ini salah satu proses demokrasi, monggo-monggo saja. Bagi kami PDIP, proses demokrasi itu setiap partai memiliki timing kemudian momentum sendiri kemudian bisa mengumumkan atau memilih seseorang pada waktunya,” kata dia.

Baca Juga :   Prabowo Deklarasi Capres 2024

Selain mengusung calon, Puan mengingatkan adanya syarat yang harus dipenuhi parpol.

“Dan tentu saja bagaimana kemudian bisa maju atau masuk nantinya bisa maju dalam kontestasi 2024, perlu satu aturan dan kesiapan dan kecukupan untuk mengusung seseorang atau calon maju dalam kontestasi tersebut,” kata dia.

“Itu merupakan salah satu proses dinamika berdemokrasi,” lanjut Ketua DPR ini.

Baca Juga :   Begini Isi Pertemuan Jokowi dan Surya Paloh di Istana Merdeka

Puan tak masalah jika ada partai yang berbeda pandangan dalam Pemilu 2024. Namun, ia berharap semua kembali bersatu setelah pemilu usai.

“Boleh saja dalam kontestasi pilpres nantinya mungkin berbeda. Namun, bisa juga nanti kita bersama. Yang pasti adalah bagaimana pascadari kontestasi tersebut kita bisa sama-sama membangun bangsa,” tutup Puan. (tia)

MIXADVERT JASAPRO