Cair Minggu Ini, 5 Juta Pekerja Bakal Terima BLT Gaji

JagatBisnis.com-Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) telah menerima data sebanyak 5.099.915 calon penerima bantuan subsidi upah (BLT gaji) dari BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itu bantuan subsidi upah (BSU) 2022 akan mulai disalurkan pekan ini. Ditargetkan penyaluran BSU dari bank himbara ke bank penerima dapat berlangsung di hari Jumat pekan ini (9/9/2022) mendatang.

“Menurut data BPJS Ketenagakerjaan terdapat 16.198.731 pekerja atau buruh yang memenuhi syarat untuk menerima subsidi gaji. Dari keseluruhan data yang memenuhi syarat akan disampaikan kepada Kemnaker secara bertahap,” kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Dia menerangkan, selanjutnya pihaknya akan melakukan pemadanan data untuk memastikan penerima bantuan lain dan yang tidak memenuhi syarat tidak masuk dalam penerima bantuan tersebut. BPJS Ketenagakerjaan telah melakukan penyerahan data tahap pertama sebanyak 5.099.915 calon penerima BSU 2022. Pihaknya juga akan mengupayakan data yang sudah disampaikan dapat disalurkan secepatnya.

Baca Juga :   Kemensos Dimbau Tak Perlu Buat Satgas Pengawas Lembaga Filantropi karena Pemborosan

“Untuk itu penyaluran BSU tahun ini dilakukan bekerja sama dengan bank himbara dan PT Pos Indonesia.
Langkah ini dilakukan untuk memastikan agar BSU sampai ke tangan penerima dalam waktu yang cepat,” imbuh Ida.

Baca Juga :   Kabar Baik, BLT Pekerja Rp2,4 Juta Bakal Cair Usai Lebaran

Perlu diketahui, masing-masing penerima BSU akan menerima bantuan tunai senilai Rp600.000 dengan syarat penerima BSU adalah WNI, aktif BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan Juli 2022 dan mendapat gaji paling besar Rp3,5 juta atau upah minimum di daerah masing-masing. Penyaluran BSU ini dilakukan secara nasional dengan pengecualian untuk PNS, TNI, dan Polri. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO