Dana yang Dititipkan ke BAZNAS Memerdekakan Mustahik dari Jerat Kemiskinan

JagatBisnis.com –  Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memiliki tekad yang kuat untuk memerdekakan mustahik dari kemiskinan, salah satunya dengan aktif memberikan berbagai bantuan dan pelatihan secara berkala.

Bertepatan dengan momen bulan kemerdekaan Republik Indonesia, BAZNAS menggelar acara Talkshow Mustahik Merdeka, yang digelar pada Selasa (16/8), di Gedung Kebangkitan Zakat, Matraman, Jakarta, dengan dihadiri sejumlah mustahik yang telah mencapai keberhasilan bersama BAZNAS.

“Ada satu semangat bahwa memberi dan mendampingi harus dilakukan, karena zakat adalah dana yang bersih, dana yang penuh doa dan barokah. Dari dana itu, muncul doa dari mustahik untuk muzaki. Artinya orang yang mendapatkan zakat juga mendapatkan kedamaian, ini yang sering kita doakan,” kata Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad, MA.

Menurut Noor, BAZNAS sebagai lembaga yang diamanatkan negara untuk mengelola dana zakat, terus memaksimalkan segala potensi yang ada untuk menyejahterakan umat, dan mengentaskan kemiskinan yang ada di Indonesia.

Baca Juga :   Mahfud MD Sebut Pengelolaan Zakat oleh BAZNAS Ikut Jaga Stabilitas Negara

“Karena kekuatan Illahiah ini, pada akhirnya adalah kekuatan membangun badannya secara ekonomi, ini bedanya bantuan yang lain dengan bantuan BAZNAS. Ini adalah dana ketuhanan, tidak akan kami sia-siakan. Dengan semangat bersama, BAZNAS berusaha untuk memerdekakan para mustahik di Indonesia agar menjadi muzaki di kemudian hari,” ucap Noor.

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA mengatakan, tema memerdekakan mustahik yang diusung BAZNAS merupakan esensi dari salah satu sila Pancasila yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh bangsa Indonesia.

“Teman-teman mustahik kita harapkan merdeka, bukan hanya merdeka untuk dirinya sendiri, namun juga memerdekakan orang-orang di sekitarnya. Dengan banyaknya mustahik yang merdeka, maka akan bahagia pula para muzaki. Karena dana yang dititipkan melalui BAZNAS, bisa memerdekakan banyak orang,” kata Saidah.

Dalam acara Mustahik Merdeka, sejumlah mustahik yang telah berkembang turut dihadirkan. Salah satunya Metty Novianty, yang telah berkembang ke arah yang lebih baik. Jika dulunya Metty merupakan seorang mustahik, kini setelah menjadi binaan BAZNAS Metty berhasil bertransformasi menjadi muzaki.

Baca Juga :   Berzakat di BAZNAS Bisa melalui Indomaret

Dengan hadirnya BAZNAS, Metty mampu memproduksi 1.600 roti dalam satu hari. Ia juga sudah bermitra dengan 800 warung yang tersebar di wilayah Jakarta, tiga koperasi, satu rumah produksi, serta mampu memberdayakan masyarakat sekitar dengan menjadikan karyawannya.

Begitu pula dengan Yuli, yang juga memiliki kisah inspiratif dan patut menjadi contoh bagi mustahik lain. Awalnya, Yuli yang merupakan penyandang disabilitas berangkat dari Jawa Timur ke Jakarta, tanpa memiliki apa-apa. Dia sebelumnya sering mendapatkan bantuan langsung dari BAZNAS. Namun lambat laun, Yuli bersama rekan-rekannya bisa mendapatkan bantuan produktif, agar dia mampu berkembang dan mandiri secara ekonomi.

“Alhamdulillah, kisah saya bisa menginspirasi banyak mustahik. Saya pun tidak menyangka 4 tahun yang lalu saya berangkat dari Jawa Timur, tak punya apa-apa dan miskin secara harta, fisik, dan ilmu. Tapi alhamdulillah, saya kaya akan rasa syukur. Saya ke Jakarta ingin berjuang, bersama anak-anak. Hingga akhirnya mendapat bantuan BAZNAS,” kata Yuli bercerita.

Baca Juga :   BAZNAS Buka Pendaftaran Beasiswa Ma'had Aly 2022

Sementara itu Nabil juga terbantu oleh BAZNAS, sehingga dirinya bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Pendidikan merupakan salah satu cara BAZNAS dalam meningkatkan ekonomi masyarakat rentan. Berkat bantuan yang diberikan, Nabil berhasil menyelesaikan studinya, dan Nabil kini telah berhasil menjadi seorang ASN di Kementerian Luar Negeri RI.

“Saya berasal dari Medan. Pada pertengahan 2018, saya menerima bantuan Beasiswa Cendekia BAZNAS. Saya menerima bantuan dari BAZNAS berupa uang kuliah secara penuh, uang saku bulanan, pembinaan dari para tokoh. Alhamdulillah saya berhasil menyelesaikan studi pada 2020. Kemudian saya sudah bekerja di bidang hukum, dan akhir 2021 saya diumumkan diterima di Kementerian Luar Negeri RI,” kata Nabil.

“Terima kasih kepada BAZNAS dan para muzaki yang memberikan sebagian hartanya, untuk membantu sesama, dan membantu upaya BAZNAS untuk menyejahterakan mustahik,” ujarnya.(jbo)

MIXADVERT JASAPRO