Kemendagri akan Launching Gerakan Bagi 10 Juta Bendera Merah Putih di Beberapa Wilayah

JagatBisnis.com –  Menjelang perayaan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-77, Kementerian Dalam Negeri melakukan gerakan membagikan 10 juta bendera merah putih. Bendera itu akan dibagikan kepada masyarakat dari Sabang sampai Merauke sejak 1-31 Agustus 2022. Launching gerakan tersebut akan diawali oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian dan launching akan diadakan di beberapa provinsi yang ada di Indonesia.

“Pada Jumat (12/8/2022), kami akan mendampingi Bapak Mendagri melakukan semacam launching gerakan ini di Merauke,” kata Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bachtiar dalam webinar bertemakan “Penguatan Nasionalisme Menuju Kebangkitan Nasional,’ Jumat (5/8/2022).

Sehari kemudian, lanjutnya, giliran Wakil Mendagri, John Wempi Wetipo launching gerakan tersebut di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Rencananya, Wakil Mendagri itu akan launching di Aceh, Sabtu (13/8/2022) mendatang. Terakhir, dari rangkaian launching tersebut, akan dilakukan di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (14/8/2022).

Baca Juga :   Kemendagri Sosialisasi SE terkait Wewenang Penjabat Kepala Daerah

“Ini cara kita menunjukkan dan membangkitkan terhadap kecintaan kepada bangsa dan negara kita dengan sederhana dan murah meriah ini harus menjadi kegiatan yang menyenangkan menjadi nyaman dan bersuka ria,” tegasnya.

Baca Juga :   Tok! Kepala Daerah Dilarang Gelar Halal Bihalal Lebaran

Dia menjelaskan, gerakan pembagian bendera ini menjadi simbol negara ini untuk membangkitkan semangat nasionalisme rakyat Indonesia di seluruh pelosok Tanah Air. Gerakan ini juga sebagai evaluasi pihaknya karena dalam beberapa tahun terakhir ini terdapat adanya dinamika di masyarakat pada hari kemerdekaan 17 Agustus yang tidak menaikan bendera simbol negara Indonesia tersebut.

Baca Juga :   Kemendagri dan Kemenlu Mendata WNI di Jeddah Arab Saudi

“Banyak masyarakat yang malas menaikan Bendera Merah Putih. Begitu perayaan hari kemerdekaan negara pastisipasi masyarakat walaupun belum ada risetnya tampak mata kelihatan kecenderungannya menurun gerakan partisipasi masyarakat itu. Untuk itu, gerakan ini menjadi sebuah instrumen untuk membangkitkan semangat kebangsaaan dan nasionalisme. Salah satu perekat sebagai anak bangsa dan negara adalah Bendera Merah Putih,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO