Vaksin Covid-19 BUMN Segera Meluncur

JagatBisnis.com –  Vaksin Covid-19 BUMN buatan Bio Farma segera diluncurkan ke masyarakat. Bahkan, Presiden Joko Widodo sudah memberikan nama pada vaksin buatan perusahaan farmasi pelat merah ini. Kebijakan vaksin ini akan didiskusikan oleh pemerintah dan akan ada aturan besarnya terkait harga, apakah gratis atau berbayar. Namun, vaksin tersebut merupakan vaksin mandiri.

“Kebijakan vaksin ini tentunya nanti didiskusikan di kalangan pemerintah. Karena akan ada aturan besar yang menjadi payung hukum penggunaan vaksin tersebut sebelum diluncurkan secara resmi. Nanti, apakah gratis atau berbayar? Saya tidak bisa menyatakan lebih awal, yang pasti vaksin ini adalah vaksin yang bisa kita pergunakan mandiri,” kata Menteri BUMN Erick Thohir, Jumat (5/8/2022).

Menurut dia, saat ini vaksin Covid-19 BUMN sedang dalam uji klinis tahap 3 dan ditargetkan rampung bulan ini. Pihaknya masih menunggu Izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (UEA) vaksin Covid-19 ini. Infonya, izin UEA akan diberikan minggu depan atau dua minggu lagi.

“Jika vaksin BUMN sudah resmi digunakan, maka pemerintah tidak terus impor. Karena saat ini Indonesia masih impor vaksin Covid-19, baik yang diberikan oleh negara lain maupun yang memang dibeli oleh RI. Namun, Indonesia tidak bisa terus bergantung kepada negara lain. Kalau kita bicara yang namanya pandemi-pandemi lain, kita tidak tahu. Makanya, waktu itu kami mendorong vaksin BUMN,” terangnya.

Sementara itu, Medical Advisor Tim Uji Klinis Vaksin Covid-19 BUMN, Soedjatmiko menjelaskan uji klinis fase tiga melibatkan 4.050 subjek usia 18 tahun ke atas. Sejak uji klinis tahap satu hingga uji klinis tahap tiga membutuhkan kerja keras tim sekitar 8 bulan. Jika proses ini lancar, maka uji klinis tahap tiga ini akan selesai sebelum Agustus 2022.

“Uji klinis vaksin Covid-19 BUMN masih berjalan dan optimistis akan selesai sesuai jadwal. Sesuai standar uji klinis vaksin WHO dan BPOM, semua vaksin baru harus melalui tiga tahapan uji klinis.
Uji klinis ini, bertujuan untuk membuktikan vaksin Covid-19 BUMN ini aman dapat meningkatkan kadar antibodi secara bermakna untuk melawan virus Covid-19.Sehingga diharapkan berkhasiat (efikasi) melindungi subjek dari sakit berat dan kematian karena Covid-19 sesuai standar Badan POM,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO