Ekbis  

Sinergi Bea Cukai Entikong, BNN, dan TNI Gagalkan Penyelundupan Sabu

JagatBisnis.com – Pelaksanaan operasi gabungan yang menjadi wujud jalinan sinergi antara Bea Cukai Entikong, BNNP Kalimantan Barat, Satgas Pamtas 645/GTY, dan Satgas Intelijen (SGI) Tim III/SGU Kodim 1204/SGU berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis methamphetamin atau sabu di sekitar Pos Bantu Pengawasan Bea dan Cukai di Dusun Segumon.

Dalam penindakan narkotik yang terlaksana di tanggal 1 Juni 2022 tersebut diamankan seorang tersangka berinisial S dan barang bukti berupa sabu dengan berat total 494,2 gram. Adapun rincian sabu tersebut adalah sabu berwarna biru seberat 245,5 gram, sabu tipe B seberat 238,5 gram, dan dua paket sabu lainnya seberat 10,2 gram.

Kepala Kantor Bea Cukai Entikong, Ristola Nainggolan mengatakan atas penindakan tersebut, tim gabungan kemudian melakukan pengembangan dan kembali menangkap seorang tersangka lainnya. “Satu orang yang selanjutnya kami tangkap ialah tersangka S yang bertugas mengambil narkotika tersebut. Kedua tersangka mengaku bahwa mereka diperintah oleh warga binaan Lapas Kelas II Pontianak,” ungkap Ristola.

Baca Juga :   Saling Mengunjungi dalam Rangka Sinergi, Bea Cukai Juanda dan Purwokerto Kunjungi Instansi Pemerintah Lainnya

Saat ini, tersangka S dan T beserta barang bukti telah diserahterimakan kepada BNNP Kalimantan Barat. Selain itu, hasil pengembangan dari tim gabungan, BNNP Kalimantan Barat dan Kepala Lapas Kelas II Pontianak, telah berhasil mengamankan pemesan/pengendali yang berada di Lapas Kelas II Pontianak beserta barang bukti berupa alat komunikasi berupa handphone sebanyak dua unit.

Baca Juga :   Beri Efek Jera, Bea Cukai Gelar Pemusnahan Barang Ilegal

“Penindakan ini merupakan hasil sinergi yang baik antarinstansi. Menjalankan fungsi community protector, kami bersama seluruh instansi lain berupaya untuk mengamankan perbatasan darat Indonesia dari masuknya barang-barang haram yang dapat membahayakan masyarakat,” tutup Ristola.(srv)

MIXADVERT JASAPRO