RI Jadi Tujuan Pertama Kunjungan Bilateral PM Australia

Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Australia kunjungi Istana Bogor, 6 Juni 2022.

JagatBisnis.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Perdana Menteri baru Australia, Anthony Albanese di Istana Bogor. Jokowi merasa lawatan Albanese ke Indonesia sangat istimewa.

Albanese dan delegasi Australia bertemu Jokowi dan jajaran Kabinet Indonesia Maju pada Senin (6/6/2022). Menurut Jokowi, kunjungan itu menunjukkan betapa pentingnya Indonesia bagi Australia.

“Saya bergembira bahwa Indonesia menjadi tujuan yang pertama kunjungan bilateral Perdana Menteri Albanese setelah dua minggu yang lalu dilantik sebagai Perdana Menteri Australia ke 31,” ucap Jokowi pada konferensi pers secara virtual.

Baca Juga :   PM Baru Australia Tunjuk 10 Menteri Perempuan dalam Kabinetnya

“Hal ini menunjukkan kedekatan antara pemerintah dan masyarakat kedua negara,” sambung dia.
Jokowi memastikan, walau Albanese baru saja menjabat perkenalan mereka bukan baru terjadi.

Eks Wali Kota Solo itu mengakui sudah mengenal Albanese dari beberapa tahun lalu.

Baca Juga :   PM Australia Sebut, Teknologi Merupakan Cara Terbaik untuk Capai Target Iklim

“Perdana menteri Albanese bukan orang baru bagi saya, kita pernah bertemu di tahun 2020, dan Indonesia juga menjadi negara pertama yang dikunjungi pada saat beliau terpilih sebagai ketua oposisi di tahun 2019,” ujar dia.

Sebelum tiba di Indonesia, lewat pernyataan tertulis Albanese menyatakan bahwa negara tetangganya ini adalah mitra terpenting. Sebab, banyak kerja sama yang berjalan antara RI-Australia.

Baca Juga :   21 Mei 2022, Australia akan Selenggarakan Pemilu

“Indonesia adalah salah satu tetangga terdekat kami, itulah sebabnya saya berkomitmen untuk berkunjung secepatnya. Kedua negara kita memiliki sejarah panjang kerja sama dan persahabatan, dan Pemerintahan saya akan bekerja sama dengan Indonesia untuk memperdalam hal ini,” papar dia. (pia)

MIXADVERT JASAPRO