SMAN 6 Depok Diresmikan Jadi Sekolah Antikorupsi

JagatBisnis.com – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Depok menjadi sekolah yang pertama di Jawa Barat (Jabar) yang diresmikan menjadi sekolah antikorupsi. Di sekolah tersebut akan ditanamkan nilai-nilai antikorupsi dan pendidikan sadar uang. Pencanangan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan korupsi.

Kepala Kejati Jabar, Asep N. Mulyana mengungkapkan, pihaknya berharap dengan ditanamkannya pendidikan antikorupsi di sekolah untuk membentuk karakter siswa. Terutama untuk membangun dan meningkatkan kepedulian warga negara terhadap bahaya dan akibat dari tindakan korupsi.

“Pertimbangannya karena Depok bersentuhan dengan Ibu kota Jakarta. Selain itu, kami memilih Depok karena laporan kami penting untuk menghadirkan ini di pendidikan tingkat atas. Kami juga memberikan modul kepada kepada Kepala SMAN 6 Depok. Isinya penerapan antikorupsi pad mata pelajaran kewarganegaraan,” katanya seperti dikutip Rabu (1/6/2022).

Baca Juga :   60 Tenaga Pendidik di Kulon Progo Diberikan Bimtek Etika Berlalu Lintas

Dia menjelaskan, untuk mengatasi korupsi dan pencegahan tindak pidana korupsi pada bidang pendidikan nantinya pendidikan antikorupsi juga masuk di jenjang SD dan SMP. Adapun, mata pelajaran ini akan diberikan pada siswa selama 2 jam pelajaran dalam sepekan.

Baca Juga :   Dukung Kemajuan Pendidikan, Bea Cukai Tanjung Emas Hibahkan 13 Laptop

“Di sekolah ini, siswa juga dapat praktik langsung dengan fasilitas kantin kejujuran dan peringatan membuang sampah pada tempatnya. Di kantin tersebut tersedia minuman, makanan ringan dan alat tulis kantor namun tidak ada pegawai yang menjaga. Pada praktek langsung siswa diminta untuk menanamkan kejujuran sekecil apa pun dengan berbelanja mandiri, membayar dan mengambil kembalian di kantin kejujuran tersebut,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO