YPA-MDR Terus Berupaya Tingkatkan Kualitas Indonesia

JagatBisnis.com –  Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), seperti yang diperiotaskan G20 bidang pendidikan. Salah satunya dilakukan oleh Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) yang terus berupaya mengejar kualitas pendidikan dengan memberikan akses pendidikan dengan meningkatkan kualitas guru dengan program Guru Muda Garda Depan.

“Kualitas Pendidikan memang perlu dikejar. Karena hal itu sama pentingnya dengan akses pendidikan. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada YPA-MDR yang sudah menjalan program Guru Muda Garda Depan. Program ini sejalan dengan tujuan SDGs. Di mana, program untuk guru dan pembangunan karakter yang sangat penting dan dukungan ini sangat bermanfaat”, kata Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Subandi dalam acara Bincang Edukatif bertema “Bergerak Bersama Majukan Pendidikan Indonesi”, secara virtual, Rabu (25/5/2022).

Sementara itu, Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo menambahkan, pihaknya telah menjadikan SDGs sebagai salah satu acuan dalam menyusun program bantuan pendidikan, khususnya tujuan keempat dalam SDGs, yakni menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata. Selain itu juga meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua melalui berbagai program pembinaan akademik dan non akademik.

Baca Juga :   Dampak Perubahan Iklim, Sepanjang 4 Tahun, Indonesia Bisa Tekor Rp544 Triliun

“Progam bantuan pendidikan yang sudah dan akan diberikan kepada sekolah-sekolah berlandaskan pola 4 pilar pembinaan, yaitu akademik, karakter, seni budaya dan kecakapan hidup yang terukur. Sehingga dapat memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dan selaras dengan tujuan dari SDGs,” ungkapnya.

Baca Juga :   Dampak Perubahan Iklim, Sepanjang 4 Tahun, Indonesia Bisa Tekor Rp544 Triliun

Dia mengaku, pihaknya akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah prasejahtera dan 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar). Hal itu dilakukan untuk menciptakan generasi cerdas yang unggul serta memajukan daerah. Oleh sebab itu, pihaknya berupaya menjadi lembaga yang mewujudkan sekolah unggul di daerah prasejahtera dan yang mampu mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas. Diharapkan, SDM berkualitas itu bisa menjadi agent of change menuju masyarakat sejahtera.

Baca Juga :   Dampak Perubahan Iklim, Sepanjang 4 Tahun, Indonesia Bisa Tekor Rp544 Triliun

“Kami juga memberikan bantuan berupa sarana prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Hingga saat ini, pembinaan sudah dilakukankepada lebih dari 1.500 guru dan 23.800 siswa. Sedangkan, untuk program, bantuan pendidikan telah menyentuh 112 sekolah jenjang SD, SMP dan SMA/SMK sebagai konsep Sekolah Eskalator dan tersebar di 13 Kabupaten yang berada di Provinsi Lampung, Banten, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah dan Nusa Tenggara Timur,” tutupnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO