Anies Dapat Restu dari Partai Nasdem dan PAN di Pilpres 2024

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JagatBisnis.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan disebut telah mengantongi restu Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk turun gelanggang berlaga di Pilpres 2024.

Semula, bermodalkan kinerja di DKI Jakarta dan capaian elektabilitas yang meroket, Anies digadang-gadang menjadi pilihan terbaik Partai Nasdem sebagai capres yang nantinya akan disodorkan ke Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh untuk putuskan pada Rakernas Juni 2022.

Jalan Anies pun kian mulus karena berasal dari nonpartai dan senada dengan keinginan Partai Nasdem yang lebih suka dengan sosok seperti Anies, dibandingkan mengusung sosok dari partai lain seperti Ganjar Pranowo.

Baca Juga :   Demokrat Sebut Terlalu Dini Berspekulasi Pemilu 2024 Ditunda

Terlebih, aspirasi dukungan kepada Anies juga mengalir dari sejumlah Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem untuk diusung menjadi calon Presiden di Pilpres 2024.

“Peluang Anies dicalonkan Nasdem sangat besar. Dibandingkan Ganjar, Anies resistensinya kecil, karena Anies tak berpartai. Dan Anies juga didukung oleh mayoritas DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) Nasdem,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin pada Minggu (8/5/2022).

Di sisi lainnya, Ujang menuturkan, dalam beberapa kesempatan, Anies juga terlihat membangun kedekatan dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. Hal ini terpotret dari Zulkifli yang ikut mendampingi Anies dalam Salat Id di Stadion Jakarta Internasional Stadium (JIS), Papanggo, Jakarta Utara.

Baca Juga :   Anies: Manfaat Vaksin COVID-19 seperti Naik Motor Pakai Helm

Kemudian, Zulhas sapaan akrabnya, juga ikut menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Anies yang kini menginjak usia 53 tahun.

Menurutnya, kedekatan Anies dengan Zulkifli memunculkan kemungkinan PAN akan mengusung Anies di Pilpres nanti. Sementara itu, sambung Ujang, bila Partai Nasdem dan PAN telah menetapkan pilihan kepada Anies, maka terbuka kemungkinan untuk partai lain bergabung menjemput kemenangan di Pilpres 2024.

“Dan PAN juga bisa saja dukung Anies. Rasional saja jika Nasdem dan PAN, juga partai lain dukung Anies, karena Anies elektabilitasnya tinggi,” tandasnya.

Baca Juga :   Anies Tutup TPU di Jabodetabek, Ziarah Kubur pada 12-16 Mei 2021 Ditiadakan

Diketahui, Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa menyatakan, mayoritas DPW NasDem Jawa Barat setuju untuk mengusulkan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada 2024 pada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Rekomendasi itu, rencananya akan disampaikan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem, Juni 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

“Dari sekian banyak DPD, itu kan mayoritas, umumnya kan minta Pak Anies untuk dipertimbangkan untuk diusulkan dalam Rakernas ke Ketua Umum (Surya Paloh),” tegas Saan, Rabu (4/5/2022) kemarin.(pia)

MIXADVERT JASAPRO