Arus Balik, 270 Ribu Kendaraan Diprediksi Masuk Jakarta

JagatBisnis.com-Sebanyak 270 ribu kendaraan diperkirakan akan masuk ke wilayah Jabodetabek pada puncak arus balik Lebaran 2022. Jumlah tersebut sepertiga dari jumlah total keseluruhan pemudik yang akan pulang ke Jakarta.

“Seperti yang disebut oleh Kapolri, hari Minggu akan menjadi puncak mudik. Dan berdasarkan dari prediksi jasa marga itu akan ada 270 ribu kendaraan yang akan masuk ke Jabodetabek dari semua arah dan ini memang harus kita siapkan sungguh-sungguh,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, dalam keterangan tertulis, Minggu (8/5/2022).

Dia menjelaskan, penerapan one way dilakukan untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas. Diketahui sejak pukul 14.00 WIB, Jumat (6/5/2022) telah diberlakukan sistem satu arah mulai Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga ke KM 47 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta.

Baca Juga :   563.593 Kendaraan Sudah Kembali ke Jabotabek

“Koordinasi dan sinkronisasi antara pihak Korlantas dan pihak Kemenhub serta operator jasa jalan tol terus diupayakan dalam melakukan tukar data dan informasi. Sementara menurut data terakhir dari Kapolri, baru 30 persen pemudik yang kembali ke daerah asal mudik. Sedangkan 64 persen lainnya masih mudik. Artinya dua kali lipat pemudik belum masuk Jabodetabek,” ungkap Muhadjir.

Baca Juga :   Alasan Pemudik Kembali ke Jakarta Lebih Awal

Menurut dia, akibat kebijakan one way sering terjadi sumbatan di jalur arteri. Jika demikian, pihaknya akan mengadakan relaksasi di jalur tol dari one way diubah menjadi contraflow. Jadi, ketika terjadi stagnasi, kemacetan di jalur arteri, itu bisa terurai kembali. Jangan sampai terjadi lock jam, macet yang terkunci. Ini yang harus kita hindari betul-betul. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO