Pembangunan Seluruh 56 Venue Asian Games 2022 di China Telah Tuntas

JagatBisnis.com – Jelang perhelatan pesta olahraga Asia pada 10-25 September, Kota Hangzhou di China selaku tuan rumah Asian Games 2022 memastikan semua persiapan fasilitas tuntas dalam waktu 5 bulan. Ibu kota Provinsi Zhejiang itu sudah menyelesaikan pembangunan 56 venue atau arena, 31 tempat latihan, dan 5 perkampungan atlet.

Panitia Penyelenggara Asian Games Hangzhou (Hagoc) mengatakan, semua arena itu telah lulus pemeriksaan komprehensif. Namun, untuk memastikan semua arena itu benar-benar aman dan dalam kondisi terbaik untuk Asian Games, panitia akan melaksanakan acara uji coba dalam beberapa minggu mendatang.

”Kami tinggal membuat sejumlah penyesuaian akhir dan peningkatan fasilitas,” ujar Lu Chunjiang, pejabat yang bertanggung jawab atas operasi di Pusat Olahraga Olimpiade Hangzhou, dilansir CCTV, Jumat (1/4/2022).

Baca Juga :   Ini Dampak dari Penundaan Asian Games di China terhadap Atlet Indonesia

Ke-56 arena itu terdiri dari 12 arena baru, 26 arena yang dibangun kembali, 9 arena yang didirikan sementara, dan 9 arena yang sudah digunakan. Sebagian besar arena itu berada di Hangzhou dan sisanya tersebar di kota-kota tetangga, antara lain Ningbo, Wenzhou, Huzhou, Shaoxing, dan Jinhua.

Baca Juga :   Ini Dampak dari Penundaan Asian Games di China terhadap Atlet Indonesia

Gongshu Canal Sports Park Stadium, salah satu venue Asian Games ke-19 Hangzhou 2022 di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China timur (Foto Xinhua)
Semua fasilitas, terutama arena baru, dibangun bergaya modern, tetapi tidak meninggalkan sentuhan tradisional khas ”Negeri Tirai Bambu”.

Secara keseluruhan, bangunan-bangunan itu mengusung konsep hijau atau ramah lingkungan, dilengkapi kecerdasan buatan, ekonomis, dan etis.

Itu sekaligus bagian promosi Hangzhou yang ingin menampilkan citra sebagai kota maju yang melayani warga.

Baca Juga :   Ini Dampak dari Penundaan Asian Games di China terhadap Atlet Indonesia

Yang paling ikonik ialah arena sepak bola Stadion Olimpiade Hangzhou yang berkapasitas 80.000 tempat duduk, Gedung Pusat Tenis Hangzhou berkapasitas 10.000 tempat duduk, Gedung Pusat Olahraga Air Fuyang di Hangzhou dengan 10.000 tempat duduk.

Stadion Olimpiade Hangzhou dan Gedung Pusat Tenis Hangzhou itu berdiri megah dengan warna perak dan berbentuk mencolok layaknya bunga teratai ataupun lotus, bunga identik dalam kebudayaan China. (pia)

MIXADVERT JASAPRO