Layanan Vaksinasi Booster Disiapkan di Bandara hingga Terminal

JagatBisnis.com – Tahun ini pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik Lebaran. Diperkirakan ada 79 juta orang yang akan mudik tahun ini. Jumlah itu tergolong besar dan wajar karena selama dua tahun masyarakat tak bisa mudik. Namun, para pemudik wajib mendapat vaksin booster Covid-19. Untuk itu, Kementerian Perhubungan akan menyiapkan fasilitas vaksinasi di bandara, pelabuhan, stasiun hingga terminal bagi masyarakat yang hendak mudik.

Baca Juga :   Pemerintah Kaji Beberapa Jenis Vaksin untuk Booster

“Kami akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam beberapa pekan mendatang serta akan melakukan simulasi agar masyarakat yang ingin mudik bisa melengkapi dosis vaksinnya,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sabtu (2/4/2022).

Sementara itu, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Letnan Jenderal Suharyanto menambahkan, masyarakat diperbolehkan mudik Lebaran 2022 dengan vaksinasi sebagai syarat untuk melakukan perjalanan. Oleh sebab itu, masyarakat yang sudah melakukan vaksin booster tidak memerlukan persyaratan tes Covid-19.

Baca Juga :   WNI Kini Tak Lagi Harus Vaksin Booster ke Arab Saudi

Sedangkan, masyarakat yang sudah vaksin dosis kedua diwajibkan melakukan tes antigen 1×24 jam atau PCR 3×24 jam dan bagi yang baru divaksinasi dosis pertama perlu melakukan tes PCR 3×24 jam,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO