Ekbis  

Inovasi Bea Cukai Magelang dalam Mempercepat Layanan Penerbitan Jaminan

JagatBisnis.com –  Kepabeanan erat kaitannya dengan pembayaran pungutan negara. Dalam pelaksanaannya, pengguna jasa terkadang tidak mampu melakukan pelunasan atas pungutan tersebut dengan segera. Mengatasi hal ini, Bea Cukai, dalam menjalankan fungsinya sebagai revenue collector, memberikan kesempatan penggunaan jaminan dalam rangka kepabeanan. Jaminan merupakan pernyataan kesanggupan untuk membayar seluruh pungutan negara dalam rangka kegiatan kepabeanan dan/atau pemenuhan kewajiban penyerahan jaminan yang disyaratkan dalam peraturan kepabeanan dalam jangka waktu yang ditentukan dan hanya dapat digunakan sekali.

Untuk mempercepat pelayanan penerbitan jaminan tersebut, Bea Cukai pun meluncurkan inovasi, seperti yang dilakukan Bea Cukai Magelang dengan mengembangkan Aplikasi Melayani Jaminan (SIMANJA). Aplikasi web-based berfitur lengkap itu dapat diakses dapat diakses pada laman website https://simanja-bima.digital dan diharapkan dapat menjadi layanan unggulan kantor Bea Cukai Magelang.

“Aplikasi ini dapat diakses dengan perangkat telekomunikasi yang terhubung dengan internet dan memiliki fitur konfirmasi jaminan kepada penjamin. Aplikasi ini merupakan pengelolaan seluruh proses jaminan yang dimulai dari input surat persetujuan, pengajuan, input realisasi, penarikan dan laporan. Pengguna jasa juga dapat mengetahui posisi status dokumen dari setiap proses sampai dengan terbitnya Bukti Penerimaan Jaminan elektronik. Dengan E-BPJ ini maka kita dapat mengurangi penggunaan kertas (Go Green),” jelas Kepala Seksi Perbendaharaan Bea Cukai Magelang, Gustin Tjindarwasih.

Baca Juga :   Gali Potensi Ekspor Produk Unggulan Daerah, Bea Cukai Galakkan Sinergi dengan Instansi Lain

Selain itu, menurut Gustin aplikasi ini juga memiliki beberapa keunggulan di antaranya merupakan aplikasi mandiri, web based multi user dan dapat diakses secara real time, otomasi seluruh proses administrasi jaminan, tanpa biaya karena tidak memakai jasa server dan hosting, data dapat digunakan untuk laporan dan analisa, monitoring jangka waktu dan penyelesaian jaminan, tools pengawasan atas pekerjaan pengeluaran sementara, memudahkan kawasan berikat dalam membuat laporan realisasi, serta berbasis data dan tidak memerlukan scan dokumen.

Baca Juga :   Lewat Patroli Gabungan, Bea Cukai-Polairud Perkuat Pengawasan Wilayah Laut

“Atas peluncuran aplikasi ini, kami telah menggelar sosialisasi penggunaannya kepada para pengusaha kawasan berikat di bawah pelayanan dan pengawasan Bea Cukai Magelang. Kami berharap Bea Cukai Magelang dapat selalu memberikan pelayanan dan pengawasan terbaik bagi para pengguna jasa,” ujarnya.(srv)

MIXADVERT JASAPRO