BPN Libatkan Banyak Pihak untuk Penuhi Kebutuhan Daging Sapi Lebaran

JagatBisnis.com – Badan Pangan Nasional (BPN) menggandeng sejumlah pihak, untuk mobilisasi sapi hidup dalam memenuhi kebutuhan hari besar keagamaan nasional 2022. Adapun pihak yang diajak bekerjasama, yaitu Kementerian Pertanian , Jaringan Pemotong dan Pedagang Daging Indonesia, hingga BUMD DKI.

“Diperlukan mobilisasi pasokan sapi hidup siap potong sekitar 5 ribu ekor sampai dengan ldul Fitri tahun 2022,” kata Kepala BPN, Arief Prasetyo Adi, dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/3/2022).

Menurut dia, mobilisasi sapi dilakukan bertahap dari beberapa peternak daerah, seperti mobilisasi sapi sebanyak 300 ekor dari Boyolali, Jawa Tengah, dan 600 ekor sapi dari peternak Sumbawa, NTB. Untuk Minggu ini mulai terisi mobilisasi sapi dari peternak daerah Jatim, Jateng, paralel pekan depan peninjauan persiapan sapi dari Sumbawa, NTB.

Baca Juga :   Hari Ini, Pengikut Habib Muda Seunagan di Aceh Lebaran

“Untuk mobilisasi sapi dari sentra peternak daerah, kami akan memanfaatkan lahan kandang sapi BUMN seperti Pupuk Kujang Cikampek (PKC), kandang sapi Jatitujuh PG Rajawali II, Sidrap Sulawesi yang dikelola PT Berdikari. Kemudian didistribusikan kepada pedagang-pedagang pasar. Pelaksanaan mobilisasi sapi lokal ini juga telah dikoordinasikan dengan menteri terkait, di antaranya Menko Airlangga Hartarto, Menteri Pertanian Menteri Perdagangan, dan Menteri BUMN,” paparnya.

Baca Juga :   Harga Daging Meroket Menjelang Lebaran

Dia menjelaskan, realisasi mobilisasi sapi ini merupakan tindaklanjut dari MoU antara PT Berdikari dengan APDI & JAPPDI tentang kerja sama dalam bidang distribusi hewan ternak, daging sapi dan kerbau yang beberapa pekan lalu disaksikan secara langsung. Untuk menambah varian pilihan kebutuhan daging, dijadwalkan juga minggu kedua puasa Ramadan akan masuk daging Kerbau yang ditugaskan kepada Bulog.

Baca Juga :   BPN DKI Akan Bikin Samsat Pertanahan untuk Memudahkan Masyarakat dan Pelaku Usaha

“Ekosistem pangan ini sebagai upaya menjaga pasokan daging dan stabilitas harga pangan jelang peak season puasa Ramadan, Idul Fitri, hingga Idul Adha. Karena sebelumnya, kami telah berkoordinasi dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk bersama-sama mengendalikan stabilitas pangan nasional,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO