Pembangunan IKN Nusantara Ditargetkan Rampung Selama 15 hingga 20 Tahun

JagatBisnis.com –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara rampung 15 sampai 20 tahun mendatang. Karena pembangunan IKN merupakan pekerjaan yang tidak mudah dan cukup rumit.

“Pembangunan ini adalah sebuah pekerjaan yang raksasa besarnya dan bukan pekerjaan yang mudah. Karena ini pekerjaan yang rumit sehingga butuh waktu yang lama. Diperkirakan pembangunannya akan memakan waktu selama 15 sampai 20 tahun baru bisa selesai,” kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, dikutip Selasa (15/3/2022).

Jokowi berharap dengan terpilihnya Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita dapat melakukan tugasnya secara cepat untuk ikut serta membangun IKN.

Baca Juga :   APBN Tak Mencukupi Bangun IKN Baru

“Nanti perencanaan yang lebih detail entah itu ide dan lain-lain juga disiapkan sehingga akan semakin kelihatan. Tapi yang paling penting memang infrastruktur dasar itu yang harus segera dimulai,” jelasnya.

Baca Juga :   Proyek IKN Nusantara Sepi Investor

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan, pemindahan IKN merupakan upaya pemerintah untuk memeratakan pembangunan. Hal tersebut juga dilakukan untuk mengurangi kepadatan penduduk di Pulau Jawa.

Baca Juga :   Sejumlah Kendala di Ibu Kota Negara, Terutama Banyak Lubang Tambang

“Yang paling penting adalah perpindahan ini untuk pemerataan, untuk keadilan karena kita memiliki 17 ribu pulau yang 56 persennya ada di Jawa, 156 juta populasi Indonesia ada di Pulau Jawa, padahal kita punya 17 ribu pulau,” tutup Jokowi. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO