Redakan Konflik Rusia dan Ukraina, Macron Telepon Putin

JagatBisnis.com – Presiden Prancis Emmanuel Macron menelepon Presiden Rusia Vladimir Putin pada Minggu (20/2). Mereka kembali membahas situasi di Ukraina.

Rusia dan Ukraina saat ini di ambang perang. Kedua negara sudah menyiapkan pasukan tentara di daerah perbatasan Ukraina.

Kremlin mengatakan, dalam pembicaraan itu Putin dan Macron sepakat harus meredakan ketegangan di Ukraina. Hubungan diplomasi harus terus dilakukan.

Baca Juga :   Diduga Bawa Senjata dan Bahan Peledak, Pesawat Kargo Ukraina Jatuh di Yunani

“Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Prancis Emmanuel Macron membahas perlunya meningkatkan pencarian solusi diplomatik untuk krisis yang meningkat di Ukraina timur dalam panggilan telepon pada hari Minggu,” kata Kremlin dikutip dari Reuters, Senin (21/2).

Kremlin menuturkan, situasi di Ukraina sudah sangat mendesak. Oleh sebab itu, Putin mendorong Kementerian Luar Negeri dan penasihat politik para pemimpin Normandia mencari solusi dengan melakukan jalur diplomasi.

Baca Juga :   Negosiasi Damai Rusia-Ukraina Terancam Batal

“Kontak ini harus memfasilitasi gencatan senjata dan memastikan kemajuan dalam penyelesaian konflik di Donbass,” tambah Kremlin.

Ukraina Ingin Rusia Dijatuhi Sanksi
Sementara Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba,sudah waktunya bagi Barat untuk menerapkan sanksi terhadap Rusia.

Baca Juga :   Twitter, Facebook, Google Bersatu Blokir Rusia

“Rusia harus dihentikan sekarang. Kami melihat bagaimana peristiwa itu berlangsung,” kata Kuleba.
Pernyataan itu disampaikan tidak lama setelah Rusia dan Belarusia mengumumkan perpanjangan latihan militer di dekat perbatasan Ukraina.

“Sudah waktunya untuk bertindak. Saya secara resmi mengatakan bahwa ada semua alasan untuk menerapkan setidaknya sebagian dari sanksi yang disiapkan terhadap Rusia, sekarang,” kata Kuleba. (pia)

MIXADVERT JASAPRO