Kelompok Rentan di Italia Terima Dosis Keempat Vaksin COVID-19

JagatBisnis.com – Italia terus mempercepat vaksinasi agar pandemi COVID-19 dapat terus dikendalikan. Terbaru, Italia merekomendasikan pemberian dosis keempat vaksin COVID-19.

Dikutip dari Reuters, Senin (21/2), dosis keempat ini hanya diberikan kepada kelompok rentan. Artinya, hanya mereka yang memiliki sistem kekebalan lemah.

Kementerian Kesehatan Italia menjelaskan, mereka yang memiliki sistem kekebalan lemah direkomendasikan menerima vaksin COVID-19 keempat dengan tipe mRNA.

Rencananya, jeda pemberian booster keempat dilakukan 120 hari sejak penduduk menerima booster ketiga.

“Komisioner khusus yang ditunjuk pemerintah untuk keadaan darurat COVID-19 akan segera menetapkan tanggal mulai berlakunya rekomendasi ini,” tulis Kementerian Kesehatan Italia.

Lebih lanjut, Kementerian Kesehatan Italia menuturkan, keputusan ini diambil karena penularan COVID-19 masih tinggi. Selain itu, booster keempat diharapkan dapat menekan angka kematian akibat COVID-19.

“Suntikan booster cukup efektif dalam mencegah kematian terkait COVID dan mengurangi gejala berat,” tulis mereka.

Italia merupakan salah satu negara di Eropa terdampak parah COVID-19. Mereka telah mencatat 152.848 kematian akibat COVID-19 sejak wabahnya pada Februari 2020.

Jumlah korban meninggal itu tertinggi kedua di Eropa di belakang Inggris dan tertinggi kedelapan di dunia. Sedangkan kasus positif telah mencapai 12,4 juta kasus. (pia)