UIC College Luncurkan Serial Inovasi dan Ide Hasil Karya Anak Negeri

JagatBisnis.com – USG Education secara konsisten adalah selalu melatih para mahasiswanya melakukan eksplorasi dan inovasi untuk menyadari potensi luar biasa yang dimiliki kebudayaan di Indonesia. Salah satunya, dari sisi ekonomi kreatif. UIC College meluncurkan serial Inovasi dan Ide Hasil Karya Anak Negeri, bertema “Berkembang dengan Kriya di Era Baru” mempersembahkan Harta karun Terpendam berupa Alam dan Kriya dari Kabupaten Pesawaran, Lampung dan Mandalika, NTB.

Hasil karya yang dikeluarkan ini mengangkat tema kebanggaan atas kekayaan ragam budaya dan pesona alam Indonesia dengan menampilkan produk – produk yang mewakili nilai – nilai nusantara. Lebih dari 200 mahasiswa UIC College dari 4 kampus, di BSD, Kelapa Gading, Pondok Indah dan Pantai Indah Kapuk mempresentasikan ide, inovasi dan kreatifitas di BSD, Kamis (27/1/2022).

Direktur PT UniSadhuGuna, Adhirama Gumay mengatakan, Creative Showcase kali ini, para mahasiswa terlebih dahulu mengadakan survei dan penelitian guna menemukan harta terpendam Indonesia di bidang kriya dan pariwisata dari daerah terpilih yang belum terekspos ke mata dunia dan menuangkannya dalam bentuk ide bisnis, dekorasi rumah, fashion, musik, produk dan promosi pariwisata.

“Kegiatan ini merupakan wujud kemitraan antara USG Education dan ataupun daerah dalam menumbuhkan wirausaha baru dengan mengembangkan kerajinan asli pesawaran yaitu Sulam Jelujur dan Tenun Sasak NTB serta melakukan promosi serta mendorong perluasan pasar produk kerajinan baik online ataupun offline,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Dia menjelaskan, pada kegiatan kali ini pihaknya bekerjasama dengan HOPE (Gelang Harapan) untuk melakukan Social movement yang digalakkan dengan aksi penggalangan dana. Karena dari hasil penjualan karya desain dengan kombinasi Tenun Sasak dan Sulam Jelujur yang dirancang oleh para mahasiswa untuk memperingati World Cancer Month.

“Beberapa karyanya yang terinspirasi dari budaya dan kriya kabupaten terpilih. Sehingga para mahasiswa dapat mengenal lebih jauh lagi ragam budaya Indonesia dan bagaimana mengembangkannya di kancah global. Apalagi, di era revolusi industri 4.0 ini menjadikan ekonomi kreatif sebagai salah satu fundamental strategis. Hal itu ditandai dengan terus dilakukannya inovasi dan kreatifitas guna meningkatkan nilai tambah ekonomi melalui kapitalisasi ide kreatif,” bebernya.

Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nur Asia Uno menambahkan, pihaknya selalu menjadi lembaga yang handal dalam mendukung regenerasi sumber daya manusia di bidang ekonomi kreatif terutama di bidang kriya.

“Kami merasa bangga melihat karya siswa USG Education yang dapat membuat innovasi karya kriya dan meneruskan warisan budaya bangsa”, tutup Nur. (eva)

MIXADVERT JASAPRO