Susu Sapi Jadi Sumber Protein Terbaik

JagatBisnis.com – Susu merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik. Sehingga susu mutlak dibutuhkan dalam upaya pencegahan dan pengendalian stunting. Hal ini dikarenakan protein hewani memiliki kandungan asam amino esensial yang lengkap, yang berperan penting dalam proses pertumbuhan anak.

“Produk susu merupakan salah satu protein hewani yang dinilai paling efektif dalam menurunkan risiko stunting, dibanding jenis protein hewani lain seperti telur dan daging. Tapi, asupan protein hewani dan jenis makanan lain yang bervariasi tetap penting untuk dipenuhi,” kata Guru Besar Bidang Gizi Kesehatan Masyarakat sekaligus Wakil Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan (PKGK) FKMUI, Sandra Fikawati dalam webinar Hari Gizi Nasional 2022 ‘Bergerak Maju Bersama Demi Pemenuhan Gizi Keluarga Indonesia’, yang digelar Frisian Flag Indonesia (FFI), Selasa (25/1/2022).

Dia menjelaskan, dalam pedoman gizi seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, susu termasuk ke dalam kelompok lauk pauk. Karena susu memiliki gizi yang lengkap, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Baca Juga :   FRISIAN FLAG INDONESIA : STUDI SEANUTS SEBAGAI KOMITMEN MEMBANTU PEMERINTAH UNTUK LITERASI DAN PERBAIKAN STATUS GIZI KELUARGA INDONESIA

“Jadi, susu benar-benar menjadi bagian yang sangat penting untuk pertumbuhan. Apalagi, susu sangat praktis dikonsumsi, terlebih untuk anak-anak. Misalnya, susu kotak,” tegasnya.

Baca Juga :   Bangun Pabrik Baru, Frisian Flag Indonesia Lanjutkan Komitmen dalam Penyerapan Susu Segar

Selain itu, lanjut dia, susu juga dapat membantu tubuh membangun jaringan otot dan tulang ketika dalam berada fase pemulihan. Baik setelah berolahraga atau pun sakit. Sehingga susu juga sangat penting untuk mencegah stunting.

Baca Juga :   FRISIAN FLAG®️ Menjadi Susu Resmi Kejuaraan Nasional Atletik di Semarang

“Karena susu mengandung hormon yang merangsang faktor pertumbuhan, yaitu Insulin-Like Growth Factor-1 (IGF-1), yang memfasilitasi pertumbuhan dengan meningkatkan penyerapan asam amino yang terintegrasi menjadi protein baru di jaringan tulang,” tutupnya. (jbc/eva)

MIXADVERT JASAPRO