Penampakan Ikan Raksasa saat Banjir Hebohkan Warga Lhokseumawe

JagatBisnis.com-Ikan berjenis Arapaima ditemukan warga saat banjir menerjang Desa Uteun Kot, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Aceh. Ternyata habitat asli ikan seberat 70 kilogram (kg) dan sepanjang 1,5 meter itu dari Sungai Amazon, Brasil.

Warga sekitar lokasi, Muhammad
menceritakan, ikan jumbo itu ditemukan di parit biasa di desa tersebut. Penemuan ikan itu mengagetkan warga sekitar. Bahkan, hingga viral di media sosial.

“Banyak warga yang merasa heran, ikan sebesar itu bisa ditemukan di parit biasa. Padahal, aslinya ikan itu berasa dari sungai Amazon di Brazil,” katanya, Minggu (9/1/2022).

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Aliman membenarkan spesias ikan raksas itu berasal dari Amazon. Bahkan, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh juga telah melakukan pengecekan terhadap penemuan ikan raksasa yang diduga ikan Arapaima.

“Dari informasi yang kami diterima, ikan tersebut sebelumnya dipelihara di salah satu toko ikan hias di Lhokseumawe. Kemudian karena sudah mati maka dibuang ke saluran terdekat,” ujarnya.

Dia menjelaskan, ikan jenis Arapaima tersebut dilarang beredar di Indonesia sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan (KP) Nomor 19 Tahun 2020 tentang larangan pemasukan, pembudidayaan, peredaran, dan pengeluaran jenis ikan yang membahayakan dan/atau merugikan ke dalam dan dari wilayah pengelolaan perikanan negara.

“Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk tidak memelihara ikan tersebut, karena sifatnya yang buas dan pemangsa bagi ikan spesies lain. Keberadaan ikan tersebut juga dapat mengancam populasi ikan lainnya jika lepas ke perairan umum. Kami pun meminta agar pihak Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan dapat mengawasi lebih ketat terhadap peredaran jenis ikan tersebut,” tutup Aliman. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO