Kematian di Jombang-Bone Tak Terkait Vaksin Covid-19

JagatBisnis.com –  Kasus kematian bocah di Jombang, Jawa Timur dan dua warga Bone, Sulawesi Selatan, bukan karena vaksin Covid-19. Karena hingga saat ini Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) belum ada kasus meninggal yang disebabkan vaksinasi Covid-19.

Ketua Komisi Nasional (Komnas) KIPI Hindra Irawan Satari menjelaskan, sebanyak 363 kasus serius yang dilaporkan di seluruh provinsi Indonesia per 30 November. Namun kasus meninggal sampai saat ini belum ada,” kata Hindra dalam pernyataan tertulis, Sabtu (1/1/2022).

Dia mengatakan, selama ini pihaknya bertugas melakukan kajian kausal. Laporan yang akurat, lengkap serta cepat dapat membantu memperkuat diagnosis. Terkait dengan laporan kasus kematian di Jombang dan Bone, KIPI juga sudah melakukan audit bersama dengan Komda KIPI dan Dinkes setempat pada Jumat (30/12) lalu.

“Hasilnya setelah di investigasi, keduanya tidak terkait dengan vaksinasi Covid-19. Kasus Kematian di Kabupaten Jombang disimpulkan unclassifiable atau tidak cukup data. Sementara kasus kematian di Kabupaten Bone disimpulkan koinsiden dengan penyakit jantung bawaan,” terangnya.

Sementar itu, Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi menambahkan, antisipasi terjadinya KIPI merupakan salah satu fokus perhatian pemerintah. Oleh karena itu, pihaknya bekerjasama dengan Komnas KIPI di tingkat Nasional dan Komda KIPI untuk terus memantau dan memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Bagi penerima vaksinasi yang merasakan adanya efek samping pasca vaksinasi dapat langsung datang ke fasilitas pelayanan kesehatan tempat dilakukannya vaksinasi untuk melapor, tidak diperlukan syarat apapun,” tutup Nadia. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO