BPOM Dukung Proses Vaksin Booster Tahun Depan

JagatBisnis.com –   Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terus mengawasi peredaran obat dan vaksin, serta merespon Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Karena pemerintah Indonesia akan memberikan vaksin booster tahun depan.

“Kami telah berproses sekarang untuk segera mengeluarkan miss authorization untuk beberapa vaksin booster yang akan direncanakan oleh pemerintah,” Kepala BPOM Penny Lukito, Rabu (29/12/2021).

Dia menjelaskan, adapun jenis vaksin booster yang sedang diproses adalah vaksin Pfizer, AstraZeneca (Vaxzevria), Coronavac/ Vaksin Covid-19 Bio Farma, dan Vaksin Zifivax. Kemudian vaksin Sinopharm yang sedang dalam proses pra registrasi untuk dosis vaksin booster.

Baca Juga :   Terkontaminasi, Jepang Hentikan Penggunaan Vaksin Moderna

“Kami juga ikut mendukung pengembangan vaksin dalam negeri seperti vaksin Merah Putih yang merupakan kerjasama PT Biotis dengan UNAIR. Lalu, vaksin Covid-19 kerjasama Bio Farma-Baylor College Medicine (BCM). Kini vaksin tersebut sudah masuk fase satu dengan target akan selesai sekitar bulan Juni-Juli,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO