Ekbis  

Tingkatkan Pengawasan, Bea Cukai Tanjung Perak Bersinergi Dengan Kepolisian

JagatBisnis.com –  Bea Cukai Tanjung Perak bersinergi dengan aparat penegak hukum dalam upaya melancarkan dan meningkatkan pengawasan di wilayah Jawa Timur. Sinergi kali ini dilakukan Bea Cukai Tanjung Perak dengan turut hadir dalam kegiatan yang digelar oleh Polres Tanjung Perak hingga Polda Jawa Timur.

Bea Cukai Tanjung Perak turut hadir dalam acara pemusnahan barang bukti dari hasil ungkap kasus narkoba di wilayah Jawa Timur. Acara yang digelar di halaman Polres Pelabuhan Tanjung Perak tersebut, memusnahkan narkoba jenis sabu seberat 6,5 kg dan 1660 butir ekstasi yang merupakan hasil ungkap kasus peredaran narkoba selama tiga bulan terakhir menjelang akhir tahun.

“Penindakan narkoba selama tiga bulan adalah hasil kerja keras anggota dan kerja sama dengan instansi lain di wilayah Tanjung Perak,” ungkap Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Anton Elfrino Trisanto.

Baca Juga :   Bea Cukai Berhasil Amankan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal di Jateng dan Riau

Pengungkapan kasus ini berhasil mengamankan kerugian negara berupa terselamatkannya 4010 generasi muda dari bahaya narkotika dengan jumlah potensi keuangan negara mencapai Rp4 miliar lebih.

Selain itu, Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Perak, Sodikin, juga hadir dalam pemusnahan narkotika dan miras ilegal yang digelar Polda Jawa Timur, yang merupakan barang bukti sitaan dari Ditresnarkoba Polda Jatim bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim periode bulan April-November 2021.

Baca Juga :   Bea Cukai Soekarno-Hatta Resmikan Posko Percepatan Layanan Registrasi IMEI

Barang bukti yang dimusnahkan antara lain, 31,4 kg sabu, 18,085 kg ganja, 1.750 butir ekstasi, Double L 118.000 butir, tembakau sintetis 65 gram dan 7.320 botol berbagai jenis miras ilegal.

“Kedepannya, sinergi antara Bea Cukai Tanjung Perak dan Kepolisian akan terus ditingkatkan guna memberantas peredaran narkotika di Jawa Timur. Selain itu, keberhasilan bersama dalam memberantas narkotika tentunya tidak terlepas dari peran dan dukungan seluruh masyarakat Indonesia,” kata Sodikin.

Selain menghadiri pemusnahan, Bea Cukai Tanjung Perak turut hadir dalam apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Lilin Semeru 2021 di Gapura Surya Nusantara (GSN), yang dipimpin langsung oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Anton Elfrino Trisanto.

Baca Juga :   Pemerintah Australia Hibahkan Ventilator, Bea Cukai Jalankan Peran Fasilitator

Kegiatan ini bertujuan untuk mendisiplinkan masyarakat dalam berlalu lintas guna menekan angka kecelakaan lalu lintas dan menekan fatalitas korban kecelakaan jelang natal dan tahun baru serta mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Diharapkan sinergi dengan Polres Pelabuhan Tanjung Perak dan berbagai instansi terkait terus ditingkatkan guna mendukung setiap kebijakan dan program yang telah dirancang demi kesejahteraan masyarakat luas,” pungkas Sodikin.(srv)

MIXADVERT JASAPRO