Usai Verstappen Klaim Titel Juara Dunia F1, Tim Mercedes Ajukan Protes

JagatBisnis.com – Tim Mercedes melayangkan protes sesaat setelah pebalap Red Bull Max Verstappen memenangi Grand Prix Abu Dhabi dan mengalahkan juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton untuk merebut titel musim 2021.

Mercedes, yang mengamankan gelar konstruktor untuk kedelapan kalinya secara beruntun, mengajukan protes berdasarkan dua dugaan pelanggaran regulasi olahraga ketika safety car dikeluarkan di pengujung lomba.

Penyataan resmi dari steward menyebut Mercedes memprotes ‘menentang klasifikasi di akhir kompetisi’, dengan dalih adanya pelanggaran artikel 48.12.

Baca Juga :   Honda Mundur dari Balap F1 Akhir Musim Depan

Verstappen mendapati sejumlah pebalap yang berada di posisi belakang antara dia dan Hamilton setelah pit ketika safety car dikeluarkan di empat putaran terakhir.

Baca Juga :   Verstappen Juarai GP Prancis

Race director Michael Masi memutuskan hanya lima mobil urutan belakang yang berada di antara dua pebalap penantang gelar juara itu yang diizinkan untuk melepaskan diri dari safety car, ketimbang seluruh mobil yang di-overlap seperti prosedur biasanya.

Pada protes keduanya, Mercedes juga berargumen bahwa artikel 48.8 dilanggar ketika mobil Verstappen bergerak mendahului mobil Hamilton saat ia menunggu dengan tak sabar untuk meneruskan balapan di lap terakhir menyusul usainya periode safety car. Mercedes menyebut itu merupakan tindakan overtake ilegal.

Baca Juga :   Hamilton Samai Rekor Tujuh Titel Schumacher

Meski demikian, tim Silver Arrow tidak mengeluarkan komentar lebih lanjut hingga protes mereka naik ke persidangan, demikian laporan Reuters.(pia)

MIXADVERT JASAPRO