Rute Pesawat Tujuan Denpasar, Lombok dan Kupang Dialihkan

JagatBisnis.com – AirNav Indonesia menyarankan semua pesawat tujuan Denpasar, Lombok dan Kupang untuk tidak melewati rute penerbangan tertentu, terkait dengan Gunung Semeru sì Lumaja g, Malang, Jawa Timur yang meletus, Sabtu (4/12/2021).

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi mengatakan International Notam Office AirNav Indonesia telah merilis sejumlah Ash Notam (Ashtam) terkait dengan aktivitas erupsi Gunung Semeru. AirNav Indonesia Cabang Surabaya dengan persetujuan Makasar Air Traffic Service Centre [MATSC] dan Jakarta Air Traffic Service Centre [JATSC] serta Cabang Denpasar untuk sementara waktu menyarankan tidak melawati W-33/South of SBR.

“Kami telah berkoordinasi dengan pihak Bandara Abdul Rachman Saleh dan Bandara Juanda untuk melakukan Paper Test. Adapun, saat ini sedang dipersiapkan,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/12/2021).

Baca Juga :   Terjebak Erupsi Semeru di Masjid, Warga Desa Curah Kobokan Butuh Pertolongan

Menurutnya, hasil koordinasi semua pesawat yang menuju East (Denpasar, Lombok dan Kupang) dan sebaliknya dilewatkan North of SBR. Hasil pilot report terhadap Pesawat Wings Air yang melintas menuju Denpasar tertutup debu vulkanik Gunung Semeru. Sehingga kondisi terlihat tertutup awan yang tebal begitu juga pengamatan dari Tower Abdul Rachman Saleh.

Baca Juga :   Bupati Lumajang Berang, Area Terdampak Erupsi Semeru Dijadikan Spot Foto

“Kami terus berkoordinasi dengan stakeholder penerbangan terkait dan bersiaga terkait perkembangan aktivitas erupsi yang berpotensi mempengaruhi kegiatan operasional penerbangan,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO