Pertama di Indonesia, Undip Ciptakan Bus AntiCovid

JagatBisnis.com – Untuk pertama kalinya, Universitas Diponegoro (Undip) menciptakan bus anticovid, Bio Smart and Safe Bus. Bus yang diklaim pertama di Indonesia ini merupakan produksi hasil kerja sama antara Unidip, Karoseri Laksana, dan PO Sumber Alam.

“Kelebihan dari bus itu adalah setelah AC dinyalakan dan mendinginkan kabin, udara akan dihisap inlet AC yang terdapat pada bagian bawah bus. Sehingga udara di kabin bus akan selalu fresh,” kata Ketua Tim Awal Prasetyo, seperti dikutip Undip.ac.id, Kamis (2/12/2021).

Dia menjelaskan, udara yang dihisap itu selanjutnya disalurkan melalui HEPA filter. Ada pula komponen lain yang dimiliki bernama UV- C lamp yang berfungsi untuk menyaring partikel-partikel kecil seperti virus, bakteri, kuman, dan lain-lain. Kemudian untuk aspek pathogen, seluruh permukaan interior kabin sudah dilapisi oleh nano silver.

“Nano silver berguna untuk menguraikan virus-virus yang menempel pada permukaan interior bus. Dengan adanya Hepa Filter, UV-C lamp dan Nano Silver, maka peredaraan virus pada kabin bus akan bisa diminimalisir secara maksimal,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Undip, Yos Johan Utama, menyatakan sangat mengapresiasi inovasi yang bermanfaat tersebut. Dia berpesan agar inovasi yang sudah dirancang bisa terus berkembang menjadi lebih baik lagi.

“Inovasi yang sudah dirancang ini jangan berhenti sampai di sini saja. Dari model bus diharapkan dapat didesain menjadi mobil yang desainnya lebih sederhana, biaya lebih murah tetapi lebih canggih,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO