Ini Alasan Jangan Transaksi e-Banking Lewat Jaringan WIFI Gratis

JagatBisnis.com –  Kini zaman sudah canggih sehingga memudahkan masyarakat untuk menggunakan teknologi yang tersedia, salah satunya e-banking. Aplikasi e-banking ini adalah istilah umum yang digunakan untuk menunjukkan suatu proses, di mana nasabah melakukan transaksi perbankan pribadi atau komersial dengan menggunakan jaringan elektronik dan telekomunikasi.

Adapun keuntungannya menggunakan e-banking, karena e-banking menyediakan kemudahan untuk melakukan transaksi menggunakan smartphone. Sehingga Anda tak perlu repot pergi ke ATM untuk melakukan transaksi. Cukup dengan e-banking Anda hanya perlu mengikuti instruksi untuk membayar atau melakukan transfer di smartphone Anda.

Berikut keunggulan e-banking lainnya mengutip dari Binus.ac.id:
1. Dapat melakukan tranksaksi dimana dan kapan saja
2. Tidak perlu antri di Bank maupun Atm
3. Tinggal Klik dan selesai melakukan tranksaksi
4. Banyak bonusnya menggunakan E- Banking
5. Tidak perlu Bayar parkir, bagi yang menggunakan kendaraan.
Namun, apabila menggunakan e-banking ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kejadian yang tidak diinginkan tidak terjadi karena e-banking sendiri sangat rawan kejahatan.
1. Hindari menggunakan jaringan WiFi saat melakukan transaksi
menggunakan koneksi WiFi, terlebih lagi WiFi gratis saat melakukan transaksi dapat meningkatkan risiko peretasan pada ponsel Anda. Mengutip dari Danamon.co.id, hal ini karena jaringan Internet yang Anda gunakan merupakan milik umum di mana orang lain dapat mengakses dan meretas data.
2. Selalu update aplikasi e-banking Anda
Update dari aplikasi ditujukan untuk menjaga kerahasiaan data, lakukan update aplikasi setiap ada notifikasi pembaruan. Selain itu Anda juga dapat meningkatkan keamanan dengan cara update antivirus di smartphone untuk mencegah data hilang atau dibajak.
3. Mengaktifkan layanan otentifikasi
Layanan ini disediakan dengan tujuan untuk menjaga keamanan data transaksi nasabah. Gunakan fitur ini dan melakukan verifikasi setiap melakukan transaksi, salah satu yang diterapkan oleh pihak bank adalah one-time-password yang dapat Anda gunakan untuk melakukan cross check setiap transaksi yang dilakukan.
4. Lakukan cek saldo secara rutin
Cek saldo secara rutin serta pantau apakah saldo yang ada sama seperti sebelumnya, begitu pula cek saldo setelah melakukan transaksi.
5. Ganti password secara rutin

Mengganti password secara rutin dapat menghindari kebocoran data maupun penyalahgunaan akun Anda. Selain itu penting juga untuk diingat untuk tidak memberikan password Anda kepada siapapun, baik teman maupun keluarga. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO