Ekbis  

Dorong Pemulihan Ekonomi, Bea Cukai Jalin Sinergi Dengan Instansi Perbankan dan Pemda

JagatBisnis.com –  Sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada stakeholder, Bea Cukai secara kontinyu menjalin sinergi dengan instansi terkait lainnya. Pada kesempatan ini, Bea Cukai Batam membahas strategi sosialisasi untuk stakeholders terkait manfaat National Logistics Ecosystem (NLE) dan Batam Logistics Ecosystem (BLE), bersama Bank Mandiri.

“Mengingat sebagian besar nasabah Bank Mandiri adalah pengusaha di bidang kepelabuhan, maka diinisiasi pembuatan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Bank Mandiri dan Bea Cukai Batam sebagai pengampu, serta BP Batam sebagai regulator. Selain itu, juga dibahas terkait kontinuitas integrasi layanan kepelabuhanan di BLE. Dengan adanya MoU ini, diharapkan dapat menjadi pijakan bagi pelaku usaha untuk dapat bergabung dan menyukseskan BLE,” ungkap Tubagus Firman Hermansjahm, Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi.

Sementara itu, Bea Cukai Semarang melakukan kunjungan ke Bank Indonesia sebagai bentuk penyelarasan dalam mewujudkan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Firman menjelaskan bahwa Bea Cukai dan Bank Indonesia secara aktif mendorong pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) untuk semakin maju dan dapat bersaing secara global. “Dalam hal ini, Bea Cukai menawarkan fasilitas KITE IKM, juga disediakan tim Klinik Ekspor. Sehingga diharapkan IKM binaan Bank Indonesia dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh Bea Cukai.”

Baca Juga :   Awasi Peredaran Rokok Ilegal, Bea Cukai Jalin Koordinasi dengan Satpol PP

Selain itu, perwakilan Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara, menemui Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Ma’mun Amir, pada Senin (8/11) lalu. Pada pertemuan ini didiskusikan terkait wilayah kerja Bea Cukai, penerimaan Bea Masuk melalui komoditas Crude Palm Oil (CPO), hingga potensi daerah Sulawesi Tengah dari sisi kelautan, pertambangan, serta kehutanan yang dapat dipasarkan secara internasional.

Baca Juga :   Amankan Penerimaan Negara dan Jaga Masyarakat, Bea Cukai Musnahkan Barang-Barang Ilegal

“Kami berharap melalu sinergi yang dijalin secara kontinyu di berbagai daerah ini, dapat melahirkan eksportir baru, serta mendorong pemulihan perekonomian daerah setempat,” pungkas Firman.(srv)

MIXADVERT JASAPRO