Tekno  

WhatsApp Minta Pengguna Verifikasi Identitas

JagatBisnis.com – WhatsApp akan segera meminta miliaran pengguna di seluruh dunia untuk melakukan verifikasi identitas. Sebuah laporan menyebut bahwa pengguna yang ingin memanfaatkan fitur WhatsApp Payments akan segera diminta untuk mengirimkan dokumen yang memverifikasi identitas mereka.

WhatsApp Payments adalah alat transfer uang yang memungkinkan pengguna WhatsApp mentransfer uang ke kontak, yang juga bisa digunakan untuk menerima dana. Ini pertama kali diluncurkan di Brasil pada tahun lalu dan kemudian diluncurkan di wilayah lain, seperti India.

Saat pengguna mencoba mengatur WhatsApp Payments di India, pengguna harus memverifikasi identitas dengan nomor telepon yang ditautkan ke rekening bank. Sementara di Brasil, fitur ini menggunakan Facebook Pay untuk memvalidasi informasi kartu kredit atau debit.

Baca Juga :   Aplikasi WhatsApp Bakal Hadir di iPad

Tidak ada dokumentasi pribadi yang harus diserahkan untuk memverifikasi identitas pengguna WhatsApp. Tapi, seperti yang ditunjukkan oleh XDA Developers, rilis beta v2.21.22.6 baru-baru ini menunjukkan bahwa regulasi sebelumnya kemungkinan akan berubah, seperti dilansir dari laman Express, Kamis, 28 Oktober 2021.

Baca Juga :   Fitur Reaction WhatsApp Sambangi iOS dan Android

Kode dalam rilis beta mengatakan bahwa beberapa pengguna WhatsApp perlu mengirimkan dokumen untuk verifikasi identitas saat akan menggunakan fitur pembayaran di masa mendatang. Tidak jelas mengapa WhatsApp membutuhkan dokumen seperti itu untuk mengaktifkan fiturnya.

Kemungkinan alasannya adalah anak perusahaan Facebook itu bersiap untuk meluncurkan WhatsApp Payments di wilayah lain, di mana jenis dokumen tersebut perlu diserahkan sebagai persyaratan hukum.

Kemungkinan lainnya adalah dokumen ini mungkin hanya diperlukan pada bisnis yang menggunakan WhatsApp Payments untuk menerima dana.

Baca Juga :   10 Fitur Keren WhatsApp yang Bakal Hadir di 2022

Alasan berikutnya adalah WhatsApp sedang mencari cabang dan membuat fitur WhatsApp Wallet. Aplikasi unified payments interface (UPI) lainnya, seperti Google Pay, bahkan tidak memerlukan dokumen apapun untuk dikirimkan untuk menerima maupun mengirim uang.

Jadi, ada kemungkinan WhatsApp ingin memperluas dan menambahkan fitur dompet ke aplikasi obrolan, yang memungkinkan pengguna membayar pembelian online atau untuk pembayaran tanpa kontak di kehidupan nyata yang mengandalkan platform. (pia)

MIXADVERT JASAPRO