Video Hoaks Covid-19 Milik Presiden Brazil Dihapus Facebook dan Youtube

JagatBisnis.com – Facebook dan YouTube telah menghapus video pernyataan Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang mengklaim vaksin Covid-19 dikaitkan dengan pengembangan AIDS. Penghapusan video yang direkam pada pekan lalu itu dianggap telah melanggar kebijakan.

“Kebijakan kami, tidak mengizinkan klaim Vaksin Covid-19 membunuh atau membahayakan orang secara serius,” ujar juru bicara Facebook dalam sebuah pernyataan yang dikutip, Kamis (28/10/2021).

Sementara itu, YouTube menyatakan, pihaknya telah mengambil langkah yang sama, usai berdarnya video tersebut. Pihaknya langsung menghapus video dari saluran Jair Bolsonaro karena melanggar kebijakan disinformasi medis mengenai Covid-19.

Baca Juga :   YouTube Gelar 'Festival Inspirasi Perempuan 2020'

“Isi video itu menuduh, kalau vaksin tidak mengurangi risiko tertular penyakit dan menyebabkan penyakit menular lainnya,” kata YouTube dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga :   Seluruh Media yang Berhubungan dengan Rusia Diblokir YouTube

Selain menghapus video, YouTube juga telah menangguhkan akun saluran YouTube Bolsonaro selama tujuh hari. Hal itu diungkap surat kabar nasional, O Estado de S. Paulo dan O Globo, mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Menurut Program Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang HIV dan AIDS (UNAIDS), vaksin Covid-19 yang disetujui regulator kesehatan diklaim aman bagi banyak orang, termasuk pada mereka yang hidup dengan HIV, virus yang menyebabkan sindrom imunodefisiensi, yang dikenal sebagai AIDS.

Baca Juga :   YouTube Shorts Resmi Hadir di Indonesia

Selain itu, Perhimpunan Spesialis Penyakit Menular Brasil mengatakan, tidak ada bukti hubungan antara vaksin Covid-19 dan AIDS. (*/esa)