Ekbis  

Dorong Inovasi Mahasiswa : FIFGROUP Umumkan 5 Kelompok Terbaik Pemenang FIFGROUP Youth Innovation 2021

JagatBisnis.com –  PT Federal International Finance (FIFGROUP) sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia, memiliki misi yang berfokus untuk membawa kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat.

Dalam upayanya, FIFGROUP turut berkontribusi aktif pada pengembangan masyarakat Indonesia, salah satunya dengan pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di tingkat pendidikan tinggi atau universitas melalui pagelaran kegiatan kompetisi tahunan, yaitu FIFGROUP Youth Innovation (FYI) 2021.

FYI merupakan kompetisi yang ditujukan untuk mahasiswa kreatif dan inovatif Indonesia. Melalui kegiatan ini, mahasiswa Indonesia diberikan kesempatan untuk mengembangkan dirinya dari sisi technical maupun soft competencies dengan tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi persaingan di dunia kerja nantinya.

FYI 2021 dimulai sudah berjalan sejak bulan Juni hingga September 2021. Melalui kegiatan ini, sebanyak 264 tim pendaftar dari total 124 instansi pendidikan tinggi di seluruh Indonesia turut berpartisipasi.

Di dalam kompetisi FYI 2021 terdapat 2 kategori perlombaan, yaitu kategori bisnis dan Information Technology (IT). Untuk kategori bisnis, tim akan diberikan pembekalan untuk mengasah sense of business setiap tim dan diminta untuk membuat dan merancang business case dengan ide inovasi dan improvement yang akan diciptakan. Pada kategori IT, tim diminta untuk membuat sebuah aplikasi web ataupun mobile. Tim pada kategori ini diberikan tantangan untuk menyelesaikan mock-up dari aplikasi yang dikembangkan.

Baca Juga :   Spesial di Bulan Ramadan, Promo Spesial FIFGROUP FEST untuk Warga Yogyakarta

Ide improvement yang diminta pada kompetisi FYI 2021 ini, FIFGROUP memberikan assignment kepada seluruh tim untuk melakukan pengembangan atas tiga lini bisnis FIFGROUP, yaitu Used Financing, Microfinancing, dan AstraPay.

Sebagai penutup kegiatan FYI 2021, FIFGROUP menyelenggarakan Closing and Awarding Ceremony pada hari Kamis (21/10/2021) dengan mengundang jajaran direksi dan management FIFGROUP serta 5 tim terbaik. Kelima juara tersebut selanjutnya mendapatkan penghargaan berupa paket Dana Pendidikan dan beragam hadiah menarik lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP, mengatakan : “FIFGROUP dengan agility dan inovasi dapat melalui pandemi Covid-19 dengan berbagai tantangan yang ada. Continous impovement and innovation khususnya yang diberikan oleh generasi muda FIFGROUP, menjadi faktor penting dalam perkembangan sebuah perusahaan.”

Baca Juga :   Rangkaian Kemilau HUT FIFGROUP ke-32, FIFGROUP FEST Hadir Untuk Warga Banten

Senada dengan Margono, Human Capital, General Support, and Corporate Communication Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati, mengungkapkan kegiatan FYI 2021 menjadi bekal bagi seluruh mahasiswa Indonesia yang berpartisipasi dalam menghadapi journey selanjutnya khususnya di dunia kerja.

Dalam kompetisinya, FYI 2021 memilih 5 tim dengan inovasi terbaik dan dapat diaplikasikan pada ekosistem bisnis FIFGROUP menjadi juara. Setiap tim terdiri dari 2 mahasiswa yang berasal dari universitas yang berbeda.

Tahapan Kompetisi FIFGROUP Youth Innovation 2021
Berbagai tahapan dilakukan oleh tim selama proses kegiatan FYI 2021 berlangsung, mulai dari proses seleksi, online workshop, eksplorasi data, pengajuan proposal, ekseksi proposal, dan final review hingga terpilih 5 tim terbaik sebagai juara dalam kompetisi tersebut.

Proses seleksi yang dilakukan terdiri dari seleksi administratif, psikotes, dan interview untuk mendapatkan 20 tim final. Selanjutnya, 20 tim terpilih akan mendapatkan program online workshop yang mengajarkan mereka mengenai Business Case Assignment, Design Thinking for Innovation, Application Development, dan tentunya Soft Skill Training.

Baca Juga :   FIFGROUP Salurkan Bantuan Bencana Lebih dari Rp 2 Miliar di 76 Titik se-Indonesia

Di tahapan berikutnya, tim diberi kesempatan untuk mengeksplorasi Kantor Cabang maupun Kantor Pusat FIFGROUP melalui daring untuk mencari data dan mengamati proses bisnis secara aktual. Setelah memahami seluruh proses yang ada, selanjutnya 20 tim tersebut mendapatkan sesi mentoring dengan coach dan juga buddy project.

Seluruh hasil analisis dari informasi yang mereka dapatkan selanjutnya dibentuk menjadi sebuah ide yang selanjutnya diajukan menjadi proposal. Proposal tersebut selanjutnya diajukan dan tim diminta untuk mengimplementasikan ide project yang telah dibuat.
Di akhir kegiatan, atas seluruh project tersebut akan mendapatkan final review untuk dipilih 5 tim terbaik untuk menjadi juara pada kegiatan FYI. (srv)

MIXADVERT JASAPRO