BNPB Bagikan 1000 Masker untuk UMKM dan PKL di Mataram

JagatBisnis.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengadakan program pembagian 1000 masker bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pedagang kaki lima (PKL) di Mararam, Nusa Tenggara Barat
(NTB), Kamis (14/12/2021) lalu. Kegiatan diselenggarakan bersamaan dengan Program Bantuan Tunai untuk Pedangan Kaki Lima dan Warung (BTPKLW).

Seperti keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (17/10/2021), pembagian masker tersebut melibatkan tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB dibantu Babinsa setempat.

Kepala BNPB Ganip Warsito mengatakan, kegiatan itu merupakan wujud dukungan terhadap program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang digalakkan pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Kota Mataram,.

Baca Juga :   Selama 2021, Ada 8,26 Juta Pengungsi Akibat Bencana di Indonesia

“Protokol lesehatan harus terus dijalankan secara disiplin. Sehingga program BTPKLW ini dapat membuka peluang bagi para pelaku untuk meningkatkan usahanya,” kata Ganip.

Baca Juga :   BNPB Kirim Bantuan Logistik ke Lokasi Erupsi Gunung Semeru

Pada kesempatan yang sama, Menko Airlangga Hartarto menjelaskan, penyaluran BTPKLW, khususnya di NTB dapat berjalan lancar dan terbukti efektif membantu para PKL dan pelaku UMKM. Program yang sebelumnya juga digelar di Yogyakarta ini sudah dilaksanakan 100 persen, dengan dipantau oleh Presiden Joko Widodo.

“Program ini merupakan bagian dari program PEN yang termasuk dalam klaster perlindungan sosial. Program BTPKLW melengkapi program pemerintah yang sudah berjalan, seperti Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), Penjaminan Kredit Modal Kerja UMKM, maupun Subsidi Bunga KUR,” ucap Airlangga yang juga didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, beserta unsur Forkopimda dan jajaran lainnya saat menyaksikan simulasi pendataan dan pemberian BTPKLW kepada perwakilan para pelaku UMKM. (*/esa)