IDI: Gelombang Tiga Covid-19 Mungkin Sudah Lewat

JagatBisnis.com – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memprediksi gelombang ketiga Covid-19 kemungkinan sudah dilalui Indonesia. Prediksi itu kemungkinan benar, jika pada Desember mendatang tak ada lonjakan kasus Covid-19. Artinya, gelombang ketiga sudah terjadi pada Juli lalu.

Demikianlah dikatakan Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar (PB IDI) Adib Khumaidi
dalam webinar Tim Mitigasi IDI, Sabtu (16/10/2021$.

Menurut Adib, ada beberapa prediksi yang menyebutkan kemungkinan gelombang ketiga Covid-19 sebenarnya terjadi pada Juli 2021. Sementara, gelombang kedua terjadi pada Agustus tahun lalu. Namun Adib tak merinci kapan gelombang pertama Covid-19 terjadi di Indonesia berdasarkan catatan Tim Mitigasi IDI.

Baca Juga :   IDI: Kalau Presiden Siap, Dokter Juga Siap Jadi Target Vaksin Pertama

“Beberapa pakar miliki pendapat yang berbeda. Tapi sebenarnya kita sudah melalui gelombang ketiga. Karena gelombang 2 sudah masuk Agustus tahun lalu. Jadi di bulan Juli kemarin sudah masuk gelombang 3,” ujar Adib.

Baca Juga :   Ini Cara Mudah Halau Gelombang Tiga Covid-19 di Indonesia

Meski demikian, Adib meminta setiap tenaga kesehatan tetap waspada dan meningkatkan perlindungan diri. Karena, dengan persiapan yang matang, risiko terburuk berupa banyaknya tenaga kesehatan berguguran bisa dihindari.

Baca Juga :   Cegah Gelombang Ketiga Covid-19 dengan Disiplin Prokes

“Kami yakin, jika kita tetap menjaga kewaspadaan, mudah-mudahan tidak ada lagi teman sejawat, guru-guru kita yang meninggal saat terjadi lonjakan kasus nanti,” tutupnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO