Ekbis  

Bea Cukai Gencar Tingkatkan Potensi UMKM untuk Ekspor

JagatBisnis.com –  Peningkatan potensi UMKM terus dilakukan oleh pemerintah salah satunya dengan mendorong para pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk guna dapat diekspor ke luar negeri. Bea Cukai bersama pemerintah daerah juga turut berperan aktif untuk membantu UMKM dalam mencari peluang untuk mengekspor hasil produksinya ke luar negeri.

“Kegiatan untuk meningkatkan potensi UMKM dengan mendorong ekspor ini ditujukan agar produk dalam negeri memiliki nilai tambah dan dapat dilirik oleh pasar internasional. Dengan meningkatkan kualitas maka ekspor semakin mungkin dilakukan dan dapat meningkatkan perekonomian dalam negeri,” ujar Tubagus Firman Hermansjah, Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai.

Upaya untuk mendorong ekspor kali ini dilakukan Bea Cukai Bengkalis lewat peresmian operasional sentra kopi liberika meranti di Kabupaten Kepulauan Meranti. Seperti yang diketahui bahwa menurut International Coffee Organization, mulai tahun 2010, tingkat konsumsi kopi di dunia mengalami peningkatan sebesar 2,5% per tahun.

Baca Juga :   Bea Cukai Tanjung Perak Jelaskan ATA Carnet, Fasilitas Pabean untuk World Superbike 2021

Dengan adanya potensi industri Kopi Liberika di Kepulauan Meranti ini, Bea Cukai Bengkalis hadir untuk mendukung perkembangan ekspor kopi liberika meranti melalui fasilitas kepabeanan yang diberikan. Hal ini akan mendorong keberhasilan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) khususnya bagi masyarakat di Kepulauan Meranti.

Baca Juga :   Lewat Operasi Cukai, Bea Cukai Batam Ringkus 31.756 Batang Rokok dan 717,3 Liter Miras Ilegal

Sementara itu di Cirebon, Bea Cukai juga berupaya mendorong peningkatan ekspor yang dilakukan UKM Agustira Sejahtera. UKM yang terletak di Kecamatan Gempol, Cirebon tersebut memproduksi produk pangan berupa kripik tempe.

Hendra Agustira, pemilik UKM tersebut mengungkapkan keinginannya untuk melaksanakan ekspor mandiri karena selama ini meskipun produknya telah berhasil diekspor namun dilakukan oleh pihak lain. Menanggapi hal tersebut, Bea Cukai Cirebon akan memberikan asistensi lebih lanjut untuk mewujudkan ekspor mandiri yang diharapkan oleh UKM Agustira Sejahtera.

Baca Juga :   Lewat Radio dan Webinar, Bea Cukai Beberkan Berbagai Ketentuan Ke Masyarakat

Upaya untuk meningkatkan daya saing UMKM juga dilakukan Bea Cukai Gresik. Setelah memberikan sosialisasi di biadng ekspor kepada para pelaku UMKM di wilayah Gresik, Bea Cukai juga berkesempatan untuk memberikan pendampingan praktik modul ekspor kepada asosiasi tanaman hias Gresik.

Dalam kesempatan inti ini, Tim Klinik Ekspor Bea Cukai Gresik memberikan asistensi praktek masuk OSS sampai terbit NIB Ekspor, Modul Ekspor, pelatihan pengisian modul ekspor, cara mencari buyer luar negeri, cara membuat packing list, invoice, pemberitahuan ekspor barang sampai terbit NPE sehingga bisa ekspor mandiri(srv)

MIXADVERT JASAPRO