Mahasiswa UB Ciptakan Krim Antijerawat dari Kulit Durian

JagatBisnis.com –  Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur membuat kreasi krim anti jerawat. Uniknyq, krim itu dibuat dari kulit durian.

Anggota tim pembuat krim anti jerawat, Nur Khasanah menjelaskan, kulit durian mengandung senyawa antibakteri seperti flavonoid, saponin, tannin, terpenoid, dan alkaloid. Selain itu juga memiliki kemampuan menghambat tumbuhnya jerawat.

“Sehingga krim ini lebih efektif dengan daya hambat sebesar 18,1 mm dibandingkan produk di pasaran yang mengandung tree tea oil dengan daya hambat 15,8 mm,” katanya, Sabtu (09/10/2021).

Menurutnya, krim itu diolah dari kulit durian dengan menggunakan teknologi nanoemulsi. Teknologi yang terdiri dari fase minyak dan air dengan ukuran droplet kurang dari 200 nm dan luas permukaan yang besar, ini dapat memberikan efek hidrasi.

“Sehingga meningkatkan permeabilitas kulit dalam penetrasi obat dan mengurangi risiko peradangan jerawat,” paparnya.

Sementara, anggota tim yang lain, Putri Ayu, menambahkan, teknik mikrofluidasi dipilih untuk mendukung penggunaan teknologi nanoemulsi guna menghasilkan krim antijerawat dengan kemampuan penetrasi yang lebih baik.

“Krim ini dibuat menggunakan ekstrak kulit buah durian, yang didapat dengan memotong dan membersihkan kulit durian, memasukkannya ke dalam oven dengan suhu 60 derajat Celsius selama 2×24 jam, serta menghaluskan, mengayak, dan mengesktraksinya,” jelasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO