Mandalika Jadi Pintu Pemulihan Pariwisata Pada MotoGP 2022

JagatBisnis.com – Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menilai ajang balapan bergengsi internasional MotoGP yang akan diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 20 Maret 2022, dapat menjadi pintu pembuka bagi penyembuhan sektor pariwisata Indonesia.

“Kalau kita bicara konteks pariwisata Indonesia, ini sebetulnya merupakan salah satu pintu pembuka untuk pemulihan sektor pariwisata nasional yang sangat signifikan,” ujar Eko saat dihubungi Antara di Jakarta, Kamis.

Dilansir dari Indoposco, Ekonom itu menilai mungkin vaksinasi di Indonesia sudah jauh lebih baik ketika ajang MotoGP di Mandalika tersebut diselenggarakan pada Maret 2022.

Baca Juga :   10 Hektare Lahan Milik Warga di Mandalika Belum Diganti Rugi

Eko juga memandang bahwa penggemar seri balapan MotoGP sangat banyak jumlahnya, terutama di Indonesia.

Perihal ini, lanjutnya, dapat menjadi aspek kunci, tidak hanya Indonesia dipandang mempunyai sirkuit internasional yang representatif untuk ajang bergengsi sekelas MotoGP.

Baca Juga :   Sebelum WSBK Mandalika, Gubernur NTB Janji Benahi Kualitas Marshall

“Saya rasa ini peluang bagus, pertama kondisi COVID-19 di Tanah Air semakin terkendali. Jika tidak ada lonjakan kasus lagi ke depannya, maka event MotoGP di Mandalika ini akan menjadi pengungkit penting bagi sektor pariwisata nasional,”ucap Eko.

Sebelumnya MotoGP pada Kamis (7/10) mengeluarkan kalender kondisional musim balapan 2022 di mana Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, akan menjadi tuan rumah balapan seri kedua pada 20 Maret setelah seri pembuka di Qatar pada 6 Maret.

Baca Juga :   Jumlah Penonton MotoGP Mandalika Maksimal 60.000 Orang

Dengan panjang lintasan 4,3 km, Sirkuit Mandalika juga akan menemukan martabat sebagai arena tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari 2022, satu pekan setelah tes pramusim pertama di Sepang, Malaysia.

Direktur Strategi dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harinto menyambut bahagia pemberitahuan resmi Dorna terkait pelaksanaan MotoGP di Indonesia karena akan mendongkrak sektor pariwisata di Indonesia khususnya di Lombok. (Nis)

MIXADVERT JASAPRO