Honda DBL Resmi Bergulir

JagatBisnis.com – Kabar baik untuk pelajar di Indonesia datang dari Sekretariat Presiden terkait penyelenggaraan kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia Honda Developmental Basketball League (DBL) 2021-2022. Sebagaimana tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) 47/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, 3, 2, dan 1 wilayah Jawa dan Bali, liga Honda DBL sudah bisa dimulai dari Jakarta pada 7 Oktober.

Inmendagri itu diterbitkan pada tanggal 5 Oktober 2021 yang ditandatangani oleh Muhammad Tito Karnavian selaku Menteri Dalam Negeri.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan langsung keputusan tersebut pada konferensi pers berkaitan dengan evaluasi PPKM yang dilakukan secara daring melalui channel YouTube Sekretariat Presiden. Turut hadir dalam konferensi pers tersebut Menko Perekonomian Airlangga Hartanto dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

”Pembukaan fasilitas pusat kebugaran dengan kapasitas 25 persen, konter makanan dan minuman di bioskop boleh buka, namun kapasitas penonton tetap 50 persen, serta dibukanya kompetisi basket remaja Honda DBL di Jakarta dan Surabaya,” terang Luhut.

Luhut menyebutkan bahwa berbagai pencapaian dari pengendalian pandemi ini tentu harus disyukuri. Meski demikian, “Dalam rapat terbatas di Kantor Presiden tadi, Bapak Wakil Presiden mengingatkan agar kita tetap waspada dan hati-hati. Risiko peningkatan kasus masih tinggi, dan dapat terjadi kembali sewaktu-waktu. Pemerintah dalam hal ini tidak mau berjumawa dan terus memohon kepada masyarakat agar tidak euforia berlebihan yang pada akhirnya mengabaikan segala bentuk protokol kesehatan,” pesan Luhut.

Azrul Ananda, CEO dan Founder DBL Indonesia yang merupakan penyelenggara Honda DBL, mengutarakan bahwa pihaknya mengajukan diri untuk menjadi bagian pengujian penyelenggaran kompetisi olaghraga dan bersedia mengikuti protokol kesehatan yang sangat ketat dari pemerintah. “Ketika bertemu dengan Pak Luhut, Pak Menpora Zainudin Amali, serta para petinggi lain, kami selalu mengajukan diri untuk dijadikan kelinci percobaan. Liga 1 (sepak bola) adalah contoh pelaksanaan tingkat profesional, namun itu sangat sulit diterapkan untuk level lebih grassroot. Kami bangga, DBL adalah kompetisi pertama yang menjadi percontohan itu. Bahkan dimulainya lagi DBL sudah disampaikan langsung oleh Bapak Luhut,” ujar Azrul.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan seluruh pihak hingga Honda DBL bisa berjalan kembali,” lanjutnya.

Azrul juga menyebutkan bahwa saat ini penyelenggaraan liga memang belum bisa “full spec” seperti sebelum pandemi. “Jadi kami mohon maaf kepada banyak anak yang belum bisa menikmati DBL seperti sebelum pandemi. Tapi, kami akan berupaya maksimal supaya Honda DBL tahun ini berlangsung lancar. Karena itu akan memudahkan kembalinya kompetisi yang lebih normal di kemudian hari,” jelas Azrul.

Untuk sedikit mengobati kerinduan penonton dalam menyaksikan Honda DBL, DBL Indonesia akan menayangkan seluruh pertandingan secara livestream dan gratis di aplikasi DBL Play dan YouTube DBL Play. Dengan asumsi penyelenggaraan di setiap kota berjalan dengan baik, total akan terdapat 500 livestream pertandingan basket yang ditayangkan, tayangan livestream liga olahraga terbanyak di Indonesia.

Minat yang luar biasa tampak dari para student athlete di Jakarta dan Surabaya. Meski dengan jangka waktu yang relatif singkat, slot pendaftaran untuk Honda DBL langsung terpenuhi dan setiap peserta memenuhi syarat dua kali vaksin. Di Surabaya, homebase DBL Indonesia, tingginya minat peserta membuat panitia harus menambah jumlah slot pendaftaran.

“Sebenarnya penambahan jumlah slot pendaftaran ini bukan hal yang mudah untuk kami sebagai penyelenggara. Sebab, ini berarti penambahan protokol ketat yang sudah menjadi komitmen kuat kami. Tapi, minat peserta yang luar biasa dan komitmen mereka yang kuat untuk juga taat protokol, membuat kami mengambil keputusan penambahan itu,” ujar Donny Rahardian, Vice President DBL Indonesia.

Dari DKI Jakarta dan Jawa Timur, DBL Indonesia akan terus bergerak ke provinsi-provinsi lain di Indonesia. Apabila seluruh provinsi telah dianggap siap oleh pemerintah untuk menyelenggarakan Honda DBL, penyelenggara merencanakan liga ini bisa berjalan di 20 provinsi, dari Aceh sampai Papua. Informasi terbaru mengenai penyelenggaraan masing-masing provinsi bisa diikuti di aplikasi DBL Play.(boy)

MIXADVERT JASAPRO