Ekbis  

Pasokan Vaksin Gotong Royong Tiba, Bea Cukai Berikan Fasilitas Pembebasan Bea Masuk

JagatBisnis.com –  Demi menyukseskan program pemerintah dalam mewujudkan vaksinasi Gotong Royong, Bea Cukai Soekarno-Hatta berikan fasilitas pembebasan bea masuk terhadap impor vaksin sebanyak 1 juta dosis yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Jumat (11/06) pukul 11:20 WIB.

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, Finari Manan, beserta perwakilan Kimia Farma selaku importir, perwakilan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta instansi terkait lainnya, secara simbolis menerima impor vaksin Sinopharm, vaksin yang diproduksi oleh Beijing Institute of Biological Product Co. Ltd., perusahaan farmasi milik pemerintah Cina.

Finari menjelaskan, vaksin diangkut menggunakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia GA-891 dari Beijing, dan dikemas dalam bentuk 26 isolated box. Selanjutnya, vaksin ditimbun di Gudang Garuda Indonesia Cargo untuk diberikan asistensi percepatan pelayanan segera dan dilakukan pemeriksaan kepabeanan oleh petugas Bea Cukai.

Baca Juga :   Kembali Sosialisasikan Aplikasi Siap Terbang, Bea Cukai Soekarno Hatta Semakin Cemerlang

Terhadap importasi vaksin Sinopharm tahap ke-2 ini juga diberikan fasilitas fiskal, antara lain pembebasan bea masuk dan/atau cukai, tidak dipungut PPN, dan dibebaskan dari pemungutan pajak penghasilan (PPh) pasal 22. Hal tersebut dikarenakan vaksin termasuk kategori barang penanganan Covid-19, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-188/PMK.04/2020.

Baca Juga :   Bea Cukai Yogyakarta Fasilitasi Cerutu Produksi Tarumartani Tembus Jepang dan Amerika

“Selain fasilitas fiskal, Bea Cukai Soekarno-Hatta juga memberikan layanan rush handling atau pelayanan segera sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 148/PMK.04/2007. Vaksin termasuk barang impor yang karena karakteristiknya memerlukan pelayanan segera untuk dikeluarkan dari kawasan pabean atau bandara, sehingga petugas kami pun melakukan pemeriksaan kepabeanan dengan cepat,” jelas Finari.

Baca Juga :   Bea Cukai Indonesia Hadiri WCO Asia Pacific Regional Workshop on Data Analytics

Perlu diketahui bahwa vaksin Sinopharm akan digunakan untuk program vaksinasi Gotong Royong, yaitu program yang dilakukan secara mandiri dari perusahaan bagi para karyawannya. BPOM juga telah memberikan izin penggunaan darurat/emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Covid-19 produksi Sinopharm.(srv)