Wali Kota Solo Ajak Seluruh ASN Dukung Gerakan Cinta Zakat

JagatBisnis.com –  Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN), terutama pimpinan instansi unit kerja di lingkungan Pemerintah Kota Solo, TNI/Polri, untuk mendukung Gerakan Cinta Zakat. Sekaligus terlibat aktif menyokong program-program yang dijalankan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, dalam sambutan pada acara “Sosialisasi Tindak Lanjut Hasil Rakornas Zakat”, yang dihadiri Ketua BAZNAS, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA, di Surakarta, Jawa Tengah, Ahad (6/6/2021).

“Atas nama Pemerintah Kota Surakarta, kami memberikan apresiasi kepada BAZNAS yang selalu mendistribusikan zakat sesuai aturan yang ada,” kata Gibran.

Baca Juga :   Fitur Terbaru Bantoo.id Permukan Tunaikan Zakat ke BAZNAS

Menurut dia, zakat, infak dan sedekah (ZIS) merupakan strategi normatif yang menyuarakan pesan moral agar orang-orang yang memiliki kelebihan menyadari tanggung jawabnya dalam mengupayakan penegakan keadilan ekonomi dan sosial di lingkungannya. “Dengan demikian, zakat merupakan sarana untuk membersihkan harta,” ucap Wali Kota Solo.

Baca Juga :   BAZNAS Salurkan Bantuan Kaki Palsu untuk Penyandang Disabilitas

Gibran berharap, berbagai program yang telah terealisasi semakin menambah kepercayaan masyarakat kepada BAZNAS.

Pada kesempatan tersebut, Ketua BAZNAS, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA menegaskan bahwa sambutan Wali Kota Surakarta adalah inti dari Gerakan Cinta Zakat yang dilluncurkan oleh Presiden Jokowi pada 14 April 2021, bertepatan 3 Ramadhan 1442 H dan merupakan rumusan penting dari hasil Rakornas Zakat 2021.

“Oleh karena itu, kita harus terus memperkuat kelembagaan BAZNAS sebagai lembaga pemerintah nonstruktural dan menjadi amil zakat pemerintah. Penguatan kelembagaan ini tentu harus dibarengi dengan penguatan SDM, sarana prasarana dan jaringan,” kata Ketua BAZNAS.

Baca Juga :   BAZNAS Terima Donasi Apartemen dari Mega Global Solution

Prof. Noor berharap, BAZNAS akan menjadi penyangga pemerintah yang andal, kredibel, transparan, akuntabel untuk pengentasan kemiskinan melalui jalur keagamaan.

Wakil Ketua BAZNAS RI, Mo Mahdum dan Pimpinan BAZNAS RI, Saidah Sakwan juga menjadi narasumber dalam Rapat Kerja Pimpinan BAZNAS Eks Karesidenan Surakarta yang digelar di Hotel Harris Surakarta, Ahad (6/6).(HAB)

MIXADVERT JASAPRO