Pemimpin Boko Haram Tewas Saat Dikepung ISWAP

Pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau

JagatBisnis.com – Atasan Boko Tabu Abubakar Shekau meletuskan dirinya, saat dikepung kelompok agresif saingan Boko Tabu, Islamic State West Africa Province( ISWAP).

” Shekau lebih suka dipermalukan di alam baka daripada dipermalukan di Alam. Ia bunuh diri mendadak dengan meletuskan materi peledak,” ucap Atasan ISWAP yang mendekati dengan suara Abu Musab Al- Barnawi diambil AFP, Senin, 7 Juni 2021.

ISWAP menjelaskan jika dalam audio gimana mengirim pejuang ke wilayah Boko Tabu di hutan Sambisa. Mereka menemukan Shekau bersandar di dalam rumahnya dan ikut serta dalam dasar bertembakan.

Baca Juga :   WNA Asal China Alami Kecelakaan saat Mendaki Gunung Rinjani

” Dari situ ia mundur dan melarikan diri, berlari dan berkeliaran di semak- semak selama 5 hari. Tetapi, para pejuang lalu mencari dan memburunya saat sebelum mereka bisa menciptakannya,” tutur suara itu.

Baca Juga :   Ngeri, Mayat Pria Ditemukan dengan Tangan Diikat di Taman Hutan Bekasi

Setelah menciptakannya di semak- semak, para pejuang ISWAP menekan ia dan para pengikutnya untuk bertobat, tetapi Shekau menolak dan bunuh diri.

Kematian Shekau sendiri dianggap men catat pergantian besar dalam makar jihadis Nigeria yang berumur 12 tahun dan telah diketahui membunuh lebih dari 40 ribu orang dan melalaikan sekitar 2 juta orang di timur laut.

Baca Juga :   Perkosa Sembilan Murid, Guru SD di China Dihukum Mati

Sementara itu, ISWAP ialah bagian dari Boko Tabu yang dibangun pada 2016 dahulu. ISWAP telah lama menentang pola Shekau melakukan pembunuhan kasar kepada masyarakat awam.(ser)