Ekbis  

Sah, Telkomsel Jadi Operator Pertama yang Gelar Jaringan 5G di Indonesia

JagatBisnis.com –  Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Plate mengumumkan hasil Uji Layak Operasi (ULO) sinyal 5G.

Hasilnya, Telkomsel telah resmi mendapatkan izin untuk menyediakan sinyal 5G bagi aspek komersial.

Menurut Menkominfo, penerbitan SKLO (Surat Keterangan Laik Operasi) didasarkan pada pelaksanaan ULO pada tanggal 19-20 Mei 2021.

“Berdasarkan hasil ULO, PT Telkomsel dinyatakan “LAIK”. Menteri Johnny menjelaskan dalam tahapan ULO itu, Kementerian Kominfo melakukan pengujian teknis atas sarana dan prasarana PT Telkomsel untuk melakukan penggelaran jaringan 5G,” ujarnya saat konferensi pers virtual.

Baca Juga :   Telkomsel dan Gojek Hadirkan Paket Data Bagi Mitra UMKM GoFood

Seiring dengan penyerahan SKLO Telkomsel resmi menjadi operator seluler yang menyediakan layanan 5G di Indonesia.

Johnny menjelaskan, Telkomsel mulai bisa melayani jaringan 5G per 27 Mei 2021. Pada tahap awal, layanan bisa didapatkan di lokasi terbatas, dengan menggunakan pita frekuensi 2,3 GHz . Yaitu di Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Baca Juga :   Baru 6 Lokasi yang Dapat Jaringan 5G Telkomsel di Indonesia

Setelah tahap awal berjalan, layanan 5G Telkomsel kemudian bisa dinikmati di Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Kemudian akan menyusul kota-kota lainnya secara bertahap. Hal ini sesuai Peraturan Menteri (Permen) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kominfo.

Baca Juga :   Telkomsel Meluncurkan Platform Kuncie untuk Bantu UMKM Kembangkan Bisnis

Rencananya, terkait detail penyelenggaraan sinyal 5G secara komersial akan disampaikan pada peresmian yang akan dilakukan Telkomsel pada 27 Mei 2021 mendatang.

“Detail mengenai bagaimana teknis pelaksanaan dan termasuk harga, itu akan disampaikan nanti [27 mei],” kata Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro dalam kesempatan yang sama.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO