Panen Nila 4.000 Kg, Dompet Dhuafa Dorong Ketahanan Pangan Keluarga di Masa Pandemi

JagatBisnis.com – Pandemi COVID-19 yang telah melanda Indonesia lebih dari setahun lalu, berdampak besar pada lesunya industri perikanan di beberapa wilayah. Kondisi tersebut menyebabkan berkurangnya serapan pasokan ikan dari nelayan dan pembudidaya, kepada pembeli. Sehingga terjadilah penumpukan hasil produksi dan penurunan mutu ikan tidak tertangani dengan baik.

Mendukung program Ketahanan Pangan berbasis desa atau masyarakat, termasuk di dalamnya para petani perikanan tambak, Dompet Dhuafa bersama Kelompok Tani Darul Arqam menggelar panen perdana pada Minggu, (2/5/2021), sekaligus pengembangan lahan budidaya Ikan Nila di Desa Kenanga, Blok Gandok, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

“Pengembangan Pemberdayaan Ekonomi dengan pendekatan Dakwah, Budaya & Pelayanan Masyarakat bersinergi untuk membangun ketahanan pangan. Maka, di masa pandemi Covid-19 ini, masyarakat harus survive. Semoga dapat bertumbuh penerima manfaat yang dalam hal ini para petani. Bahwa dana zakat produktif yang diamanahkan oleh para donatur dapat tepat guna. Sehingga yang kita harapkan dari ketahanan ekonomi keluarga penerima manfaat dapat memberikan dampak luas bagi masyarakat,” ungkap Ahmad Shonhaji, selaku Direktur Dakwah Budaya dan Pengembangan Masyarakat Dompet Dhuafa, sekaligus Ketua Satgas Gugus Tugas Covid-19 Dompet Dhuafa.

Baca Juga :   Ebib Mandro, Sosok Guru Tangguh Rela Mengajar di Pedalaman Indragiri Hulu

Budidaya perikanan menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Karena ikan yang memiliki sumber protein, makin digemari masyarakat semua kalangan. Pasca pandemi, pasokan supplies raw material berpotensi terhadap penurunan produksi di perdesaan. Sehingga ketahanan pangan menjadi terganggu.

Baca Juga :   Dompet Dhuafa Bersama LAZ Chevron Hadirkan Khitanan Massal Bagi Puluhan Anak Yatim & Dhuafa di Jasinga

“Kami mengucapkan terima kasih, kepada para donatur Dompet Dhuafa yang sudah banyak dalam mewujudkan impian kami untuk menjadi wirausaha di bidang ternak ikan air tawar. Semoga donatur Dompet Dhuafa semakin sukses,” ucap Kusein, selaku Ketua Kelompok Tani Darul Arqam.

Budidaya ikan nila pada lahan tambak seluas 12×20 meter yang menghasilkan sekitar 4.000 kg Ikan Nila. Pengembangan lahan budidaya Ikan Nila akan berpotensi menghasilkan panen sekitar 2.000-3.000 kg di setiap bulan pertambak agar percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak masuk ke jurang resesi akibat pertumbuhan ekonomi minus.

Baca Juga :   DD Waspada Kembali Bekerja Sama dengan RS Sufina Aziz

“Semoga apa yang disupport dana zakat produktif dari para donatur Dompet dhuafa Bukan berdampak pada aspek ekonomi dan sosial saja. Tapi dapat berdampak pada spiritual penerima manfaat,” tambah Ahmad Shonhaji.

Dompet Dhuafa terus menstimulan daerah di Indonesia untuk inovasi dengan berbagai program rancangan. Mulai dari pembagian bantuan sosial hingga program bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan aplikasi program Aksi Peduli Dampak Corona (APDC). Dompet Dhuafa hadir bersama kelompok tani memberikan sarana dan prasarana penunjang, serta pendampingan akibat wabah covid 19 dengan tujuan pemberdayaan dan kemandirian keluarga.(srv)

MIXADVERT JASAPRO