Tekno  

Google Maps Siapkan Fitur Ramah Lingkungan

JagatBisnis.com – Google sedang bersiap memperkenalkan fitur eco friendly (ramah lingkungan) bagi penggunanya. Dengan demikian, Google semakin berkomitmen untuk lebih peduli pada kondisi lingkungan. Fitur aplikasi ini pertama kali akan diluncurkan di beberapa negara seperti Jerman, Belanda, Prancis, Spanyol dan Inggris pada Juni mendatang.

“Nantinya, Google Maps akan merekomendasikan rute yang diperkirakan menghasilkan emisi karbon terendah berdasarkan lalu lintas, lereng, kondisi jalan, dan faktor lainnya,” kata Russell Dicker, Direktur Produk Google, seperti dikutip dari blog Google, Kamis (1/4/2021).

Dia menjelaskan, fitur ramah lingkungan ini secara bertahap juga akan tersedia untuk pengguna global. Sehingga dari fitur itu akan diperoleh perkiraan emisi relatif dengan menguji di berbagai jenis kendaraan dan jenis jalan.

Baca Juga :   Google Akhirnya Rilis Update untuk Aplikasi YouTube Versi iOS

“Apa yang kami lihat di sekitar dari rute perjalanan, maka dapat ditemukan opsi yang lebih ramah lingkungan dengan m waktu yang minimal atau tanpa biaya waktu,” ungkapnya.

Dia mengatakan, untuk fitur ini perusahaannya memanfaatkan data yang didapat dari National Renewable Energy Lab (NREL) pemerintah AS. Data mengenai jalan dan kondisi strukturnya diambil dari mobil Street View, citra udara dan satelit.

Baca Juga :   Google Play Store Izinkan Berbagi Aplikasi dan Pembaruan Perangkat Terdekat

“Dari Amsterdam hingga Jakarta, bahkan kota-kota di seluruh dunia telah menetapkan zona emisi rendah untuk membantu menjaga kebersihan udara. Untuk mendukung upaya ini, kami sedang mengerjakan peringatan untuk membantu pengemudi lebih memahami saat mereka akan menavigasi melalui salah satu zona ini,” terangnya.

Pengguna bisa memilih rute tercepat atau rute tertentu yang dianggap memiliki emisi CO2 lebih sedikit. Fitur ramah lingkungan dari Google Maps sudah dibekali AI atau kecerdasan buatan di mana pengguna juga bisa mengetahui statistik kualitas udara pada tempat yang dituju.

Baca Juga :   Begini Respon Google terkait Ancaman Blokir PSE Kemenkominfo

“Fitur di aplikasi Google Maps tersebut juga akan tersedia pada lebih banyak negara secara bertahap. Jika opsi tersebut diaktifkan, maka akan muncul pilihan “Low Emission Zone on route”. Peringatan zona emisi rendah bisa digunakan untuk Android dan iOS,” pungkasnya. (esa/*)

MIXADVERT JASAPRO