Peternak Mustahik Binaan BAZNAS di Pidie Jaya Berhasil Panen 3 Ton Semangka

JagatBisnis.com –   Kelompok Peternak Mustahik Faradis Farm dari Balai Ternak BAZNAS Pidie Jaya di Desa Reudeup, Kecamatan Panteraja, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, berhasil melakukan panen perdana 3 ton buah semangka, pada Selasa (23/3/2021).

Semangka ini merupakan hasil pengembangan integrated farming yang memadukan perkebunan semangka dengan peternakan yang dikembangkan peternak mustahik. Proses pemeliharaan semangka menggunakan pupuk kompos, hasil samping dari kandang peternak mustahik.

Pendamping program Balai Ternak BAZNAS Pidie Jaya, Nasir, menyatakan bahwa budi daya semangka ini sangat berhasil untuk diterapkan dengan pola integrated farming. Tidak hanya bisa memanfaatkan kompos yang ada di kandang, tapi juga mampu meningkatan pendapatan mustahik dan kelompok.

Baca Juga :   BAZNAS Adakan Pelatihan Fotografi Produk Mustahik di Malang

Hasil panen perdana budi daya semangka dijual dengan harga jual Rp3.000 per kilogram dan mendapat untung penjualan Rp9 juta dengan modal awal Rp4 juta.

Hasil panen ini mampu memberikan penambahan pendapatan melalui bagi hasil kepada mustahik sebagai pengelola, anggota kelompok, kas kelompok, dan infak.

Baca Juga :   BAZNAS Salurkan Bantuan Kaki Palsu untuk Penyandang Disabilitas

Diharapkan konsep integrated farming ini akan mempercepat pendapatan peternak mustahik, menjadi salah satu pilihan diversifikasi usaha dan produk, sehingga bisa memperoleh pendapatan dari usaha kelompok di luar budi daya ternak.

Selain mengembangkan budi daya semangka, BAZNAS juga mendampingi dan memberikan intervensi modal produktif kepada peternak dalam menjalankann integrated farming lainnya, seperti budi daya jagung dan udang vemane. Selain itu juga terus melakukan advokasi pengembangan pasar ternak dan produk hasil ternak.

Baca Juga :   DPR Apresiasi Kinerja BAZNAS

Diharapkan konsep integrated farming ini akan mempercepat pendapatan peternak mustahik, menjadi salah satu pilihan diversifikasi usaha dan produk, sehingga bisa memperoleh pendapatan dari usaha kelompok di luar budidaya ternak.

Selain mengembangkan budidaya semangka, BAZNAS juga mendampingi dan memberikan intervensi modal produktif kepada peternak dalam menjalankann integrated farming lainnya, seperti budidaya jagung dan udang vemane. Selain itu juga terus melakukan advokasi pengembangan pasar ternak dan produk hasil ternak.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO