Andil Berkontribusi, Ini SPAM Umbulan Garapan Brantas Abipraya yang Baru Diresmikan Jokowi

JagatBisnis.com –  Baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo Senin lalu (22/03/2021) di Pasuruan, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Umbulan di Jawa Timur ini adalah salah satu dari deretan proyek strategis nasional (PSN) yang konstruksinya dikerjakan oleh PT Brantas Abipraya (Persero). Turut berkontribusi menyelesaikan pekerjaan SPAM Umbulan di Kabupaten Sidoarjo, Brantas Abipraya mulai mengerjakan konstruksinya pada tahun 2018 dan rampung pada akhir tahun 2019 kemarin.

“Ini adalah salah satu bukti komitmen Brantas Abipraya sebagai salah satu BUMN yang selalu ada untuk Indonesia, SPAM Umbulan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yaitu menyediakan kebutuhan air bersih yang langsung bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di sejumlah kota dan kabupaten di sekitarnya,” ujar Catur Prabowo selaku Direktur Operasi I PT Brantas Abipraya (Persero).

Ditambahkannya, Proyek SPAM Umbulan Kabupaten Sidoarjo ini dibagi dibeberapa lokasi strategis. Hal ini dilakukan agar seluruh masyarakat sekitar dapat merasakan manfaatnya. Ada delapan titik lokasi DC (distribution center) yang dirampunkan Brantas Abipraya, yaitu di Waru dengan kapasitas tangki sebesar 2.000 m3, Gedangan yang memiliki kapasitas tangki 2.900 m3. Lalu titik lokasi lainnya yaitu Buduran dengan kapasitas tangki sebesar 3.200 m3, DC Buduran ini dapat dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan air yang berada di daerah kahuripan.

Baca Juga :   Ridwan Kamil Kunjungi Bendungan Ciawi Karya Brantas Abipraya

Selanjutnya DC Sidoarjo dengan kapasitas tampung air sebesar 3.200 m3, DC Candi berkapasitas 3.200 m3, DC Tanggulangin memiliki tangki air berkapasitas 1.000 m3. DC Tanggulangin tepatnya berlokasi di Desa Ketegan kecamatan Tanggulangin, berbatasan dengan jalan tol Surabaya-Gempol ini dapat digunakan untuk mensuplai air untuk desa karangtanjung, desa ketegan dan sekitarnya. DC Porong dengan kapasitas tampung air sebesar 1.100 m3 dan DC Jabon berkapasitas tangki 800 m3.

Baca Juga :   Akselerasi Kualitas SDM, Brantas Abipraya Optimalkan Talent Management

Pekerjaan yang telah diselesaikan Brantas Abipraya pun meliputi Pekerjaan Bangunan Pendukung seperti Kantor, Rumah Jaga, Pos Keamanan, Power House dan Rumah Pompa. Selain itu juga Pekerjaan Reservoir, Pekerjaan Mekanikal dan Elektrikal serta Pekerjaan Pipa HDPE & Steel.

Baca Juga :   Dukung G20, Brantas Abipraya Bangun Taman Segara Kerthi

“SPAM ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan warga akan air minum bersih, baik dan berkualitas. Senada dengan yang disampaikan Presiden saat peresmian, SPAM ini dapat memproduksi air total sebesar 4.000 liter/detik. Tidak hanya untuk masyarakat di Sidoarjo, manfaat SPAM Regional Umbulan ini juga dapat dirasakan bagi masyarakat di Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik,” tutup Catur. (srv)

MIXADVERT JASAPRO