Tekno  

Google Meet Gratis Dibatasi 1 Jam, Mulai 1 April 2021

JagatBisnis.com – Google akan membatasi pemakaian Googlw Meet versi gratis mulai April 2021 mendatang. Google Meet gratis pemakaiannya dibatasi maksimal menjadi satu jam. Platform layanan meeting virtual ini sebelumnya menjadi alternatif yang ramah untuk pengguna tak berbayar. Platform ini berbeda dengan Zoom yang sejak awal sudah membatasi durasi penggunaannya untuk versi gratis.

“Layanan semacam ini memang sangat membantu untuk mengadakan pertemuan secara virtual selama pandemi Corona (Covid-19). Awalnya Google akan menerapkan pembatasan ini pada September 2020 lalu, namun kemudian diperpanjang sampai 31 Maret,” kata Google Product Manager, Samir Pradhan, yang dikutip dari blog resmi Google, Kamis (11/3/2021).

Dia menjelaskan, sebelumnya, versi gratis Google Meet bisa dipakai untuk melakukan konferensi video tanpa batasan waktu, alias bisa 24 jam penuh dalam sehari. Google bisa diikuti dengan jumlah peserta sampai 100 orang. NMun, mulai 1 April mendatang penggunaan Google Meet versi gratis akan terbatas dengan durasi 1 jam.

Baca Juga :   Pencarian Lulur Kopi hingga Serum Pria di Google Naik Tajam

“Pengguna memang tetap bisa melanjutkan penggunaan Google Meet dari awal, tetapi tetap dengan batasan maksimal 1 jam. Namun, kami akan terus memperbarui Google Meet tahun ini agar tetap kompetitif dengan layanan konferensi video lainnya,” papar dia.

Baca Juga :   Kini, Ada Tampilan Subtitle Video secara Real Time di Google Chrome

Sementara untuk platform berbayar, ada Google Workspace Essentials dengan biaya USD8. Pengguna paket ini bisa melakukan konferensi video tanpa batas durasi dengan jumlah peserta maksimal 150 orang. Namun, jika dibandingkan dengan Zoom, durasi yang ditawarkan Google lewat Google Meet ini sedikit lebih lama.

Baca Juga :   Google Translate Sudah Diunduh 1 Miliar Kali di Play Store

“Zoom sendiri sejak awal membatasi penggunaan layanan gratisnya, yaitu durasi maksimal 40 menit untuk setiap konferensi video,” pungkasnya. (esa/*)

MIXADVERT JASAPRO