Tekno  

Google Fonts Tambahkan Katalog Ikonografi

JagatBisnis.com – Google Fonts telah menggulirkan pembaruan dengan menambahkan katalog ikonografi di halamannya. Selain itu, perusahaan mengganti logonya yang menunjukkan huruf ‘F’ menjadi lebih segar dan kekinian. Sebenarnya Google telah sejak lama menawarkan katalog Font gratis dan dari sumber terbuka. Kini, perusahaan menambahkan ikonografi untuk membuat portal penemuan satu atap dan diharapkan memberikan nilai lebih bagi penggunanya.

“Dan meskipun huruf dan karakter saat ini telah berevolusi dari penggambaran abstrak dari berbagai hal di dunia nyata, kami masih menggunakan bentuk abstrak untuk mengomunikasikan konsep dan ide setiap hari,” tulis Google Materials, seperti dikutip dari 9to5Google, Jumat (5/3/2021).

Hal itu dipandang paling berlaku pada antarmuka pengguna di lingkungan digital. Google menyebut, misalnya ikon ‘X’ telah dikenal secara universal untuk menutup atau menghapus sebagian dari yang dilihat pengguna di layar.

Baca Juga :   Sistem Kerja Hybrid, Google Kenalkan Project Starline

“Anda mungkin juga pernah melihat kaca pembesar yang digunakan sebagai singkatan untuk “penelusuran” di mesin telusur populer atau situs web lain,” katanya menambahkan.

Tidak mengherankan, Ikon Material adalah tambahan pertama untuk Google Fonts dengan lebih dari 2.000 ikon berbeda yang menggambarkan tindakan umum yang tersedia dalam lima gaya. Yakni, terisi, bergaris besar, bulat, dua warna, dan tajam. Dengan basis sumber terbuka, ikon-ikon itu tersedia untuk diunduh atau sebagai Font Web melalui API Font di bawah lisensi Apache 2.0.

Baca Juga :   Menentukan Arah Kiblat dengan Google Earth

“Rencananya, Google akan menyediakan kumpulan ikon sumber terbuka pilihan lainnya beberapa waktu ke depan. Sementara itu, sebagai bagian dari menambahkan ikonografi, Google Fonts mendesain ulang ikon yang muncul di tajuk samping dan properti lainnya. Kami memutuskan untuk mengubah merek simbol “F” monogram kami dan mengubahnya menjadi sesuatu yang baru yang menangkap esensi produk & layanan yang ditawarkan Google Fonts,” katanya.

Baca Juga :   Biar Tidak Salah Alamat, Gmail Akan Permudah Cara Kirim Email

Logo baru tersebut terlihat memadukan warna khas Google. Secara khusus, ada sejumlah simbol dan bentuk ikon yang berpadu bersama, dengan warna yang memainkan peran besar dalam membedakan semuanya.

“Tanda visual baru memberi kami fleksibilitas desain yang lebih besar, serta inspirasi untuk tampilan dan nuansa UI secara keseluruhan untuk lebih mencerminkan visi kami untuk masa depan Font,” tutupnya. (esa/*)

MIXADVERT JASAPRO